Cara Mengatasi Kolestrol Tinggi yang Terjadi Pada Anak

Cara Mengatasi Kolestrol Tinggi yang Terjadi Pada Anak

Ilustrasi.google-Foto: net-

BACA JUGA:Tips Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami dan Efektif

Kadar kolesterol yang tergolong tinggi pada anak biasanya tidak menunjukkan gejala khusus. Oleh karena itu, setiap anak perlu melakukan cek kolesterol sejak usia 9–11 tahun dan cek lagi ketika usia 17–21 tahun.

Namun, jika anak diketahui memiliki faktor risiko tinggi, seperti menderita diabetes, obesitas, hipertensi, serta memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung, biasanya disarankan untuk rutin cek kolesterol sejak usia 2 tahun ke atas.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi pada Anak

Jika Si Kecil didiagnosis kolesterol tinggi, Bunda tidak perlu terlalu khawatir, sebab pengobatan utama untuk kolesterol tinggi adalah cukup melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat.

BACA JUGA:Apa Saja Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa diterapkan dengan mudah untuk mengatasi kolesterol tinggi pada anak:

Membatasi makanan atau minuman tinggi kolesterol

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi kolesterol tinggi pada anak adalah membatasi konsumsi makanan atau minuman yang tinggi kolesterol, lemak jenuh, gula, serta lemak trans, seperti keju, susu, kentang goreng, burger, sosis, pizza, dan popcorn.

Selain itu, saat memasak makanan untuk Si kecil, Bunda bisa menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat, seperti mentega, minyak zaitun, atau minyak kelapa.

BACA JUGA:Kenali Penyebab BAB Bayi Berlendir

Menerapkan pola makan sehat

Mengajarkan pola makan sehat sejak dini kepada SI Kecil juga penting dilakukan guna mengatasi kolesterol tinggi pada anak. Untuk menerapkannya, Bunda bisa memberikan Si Kecil berbagai pilihan makanan sehat berikut:

• Makanan rendah lemak jenuh dan lemak trans, seperti susu atau yogurt rendah lemak, oatmeal, dan roti gandum

• Makanan kaya serat, seperti kacang-kacangan, gandum, wortel, dan brokoli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: