Tanggulangi Masalah Sampah, Ajukan Motor Sampah Hingga TPA 3R

Tanggulangi Masalah Sampah, Ajukan Motor Sampah Hingga TPA 3R

Suasana Musrenbang Kelurahan Karang Dalo diikuti antusias peserta, terdiri dari Ketua RW dan Ketua RT dengan menyampaikan berbagai usulan yang membangun.-Madhon-Pagaralampos.com

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM – Persoalan sampah masih menjadi permasalahan bersama, berbagai cara pun telah dilakukan untuk mengurangi volume sampah ini, dengan tujuan agar sampah yang dibuang itu bisa diolah dan memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

Di pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Karang Dalo, Kecamatan Dempo Tengah, isu pengatasan masalah sampah, juga disampaikan peserta Musrenbang, dengan mengusulkan adanya motor sampah.

“Pada Musrenbang tahun 2022 lalu, kita telah mengajukan usulan untuk motor sampah ini, tapi belum ada realisasi. Kami juga telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), bagaimana cara mengusulkan adanya Tempat Pemrosesan Akhir Reduce, Reuse dan Recycle (TPA 3R),” demikian dikatakan Ketua RT 03 Dusun Karang Dalo Herlusi, saat sampaikan usulan di giat Musrenbang Kelurahan Karang Dalo, kemarin.

Dikatakan Herlusi, keberadaan TPA 3R dipandang sangatlah penting, mengingat lingkup RT yang telah mendapatkan lebih dahulu bantuan motor sampah, terkadang kebingungan buat lokasi menurunkan sampah.

“Setidaknya, ada kesinambungan dari adanya 3 bantuan motor sampah berada di RT lain Kelurahan Karang Dalo ini, karena bila ada TPA 3R itu, kami di RW 03 Dusun Karang Dalo ini bisa menampung sampah tersebut,” paparnya.

Sampah-sampah yang ditampung ini, sambung Herlusi, tentu saja bisa dikelola untuk bisa menjadikannya bernilai rupiah, serta bisa menciptakan lapangan tenaga kerja, tak kalah penting juga sampah-sampah yang ada bisa terkelola secara baik.

“Karena, belakangan ini kalau kita lihat, pinggiran-pinggiran jalan Dusun itu, sudah jadi lokasi pencapa’an sampah gale, seringkali pula kebanyakan sampah plastik yang dibuang. Dan sampah plastik ini, padahal ternyata kalau kita pelajari, sampah plastik ini bisa menjadi uang, begitu pula sampah yang bisa dibuat pupuk kompos, jadi untuk sampah ini sebenarnya tidak ada, asal kita bisa mengelolanya secara baik,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: