Tips Merawat Kontak Lensa dengan Benar

Tips Merawat Kontak Lensa dengan Benar

ilustrasi : perawatan lensa mata-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Mengetahui cara merawat soflens sangat penting karena jika tidak, bisa menimbulkan iritasi hingga infeksi pada mata. 

Tak perlu khawatir karena sebenarnya merawat lensa kontak sangatlah mudah. Hal terpenting adalah menjaga kebersihannya.

Penggunaan lensa kontak dapat membantu Anda melihat lebih jelas sekaligus membuat mata tetap terlihat indah. 

Namun, Anda harus menerapkan cara merawat lensa kontak yang benar agar kesehatan mata tetap terjaga.

BACA JUGA:8 Makanan Pelancar Haid yang Berkhasiat

Setiap jenis lensa kontak juga bisa memiliki instruksi perawatan berbeda. Selain tahu cara merawat, ingat pula masa kedaluwarsa kapan softlens harus diganti.

Lensa kontak berfUngsi sebagai pengganti kacamata. Lensa kontak cenderung lebih simpel dibandingkan kacamata yang rentan untuk mengalami baret, pecah, patah atau hilang. Dengan alasan tidak mengganggu penampilan pula, banyak orang yang memilih untuk menggunakan lensa kontak dibandingkan kacamata.

Cara Merawat Lensa Kontak

Bagi yang menggunakan lensa kontak, Anda harus menjaga kebersihannya dengan baik agar tidak menimbulkan masalah kesehatan, seperti infeksi mata dan penyakit mata lainnya.

BACA JUGA:Komitmen Pemerintah Lindungi PRT, Presiden Dorong Percepatan Penetapan UU PPRT

Meski tidak dapat sepenuhnya dihindari, Anda bisa mencegah terjadinya infeksi mata dengan menerapkan cara merawat lensa kontak berikut ini:

1. Jaga kebersihan lensa kontak

Selalu cuci bersih dan keringkan tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Bagi yang suka berdandan, disarankan untuk mengenakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan riasan mata. Sesudahnya juga demikian, Anda perlu untuk melepas lensa kontak sebelum riasan makeup di hapus.

Selain hal tersebut, Anda juga disarankan untuk selalu melepaskan lensa kontak sebelum mandi atau berenang. Usahakan agar lensa kontak Anda tidak terkena air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: