Viral! Selain Menantang, Lato-lato Miliki Manfaat Positif Untuk Anak

Viral! Selain Menantang, Lato-lato Miliki Manfaat Positif Untuk Anak

Ilustrasi Permainan lato-lato--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Akhir-akhir ini, viral sebuah permainan unik yang sedang melanda kalangan anak-anak di berbagai daerah khususnya Indonesia.

Sebuah permainan dengan berbentuk dua buah bandulan bola yang masing-masing diikat dengan dua utas tali yang saling terhubung di satu cincin dan dimainkan dengan cara membentur-benturkan kedua bola tersebut hingga memantul dan menghasilkan bunyi yang cukup keras.

Permainan tersebut nemiliki nama lato-lato, karena cara bermainnya yang sedikit menantang membuat anak-anak merasa penasaran untuk memainkannya juga bola yang digunakan biasanya memiliki warna-warna yang menarik.

Lato-lato saat ini tidak hanya digandrungi anak-anak saja, bahkan tidak sedikit pula remaja maupun orang dewasa yang ikut mencoba permainan tersebut.

BACA JUGA:Beberapa Gunung Api di Indonesia Erupsi, Gunung Dempo Pagar Alam Aman

Seiring tenarnya permaian lato-lato, ternyata menimbulkan pro-kontra di kalangan masyarakat.

Sebagian masyarakat dengan hadirnya permainan ini dapat menimbulkan dampak postif bagi anak-anak karena dapat melatih fokus dan anak-anak tidak terlalu terpaku bermain handphone.

Sedangkan sebagian lagi masyarakat menganggap permainan yang satu ini juga menganggu karena suara yang dihasilkan saat lato-lato di mainkan.

Bahkan tidak jarang pula ada anak-anak yang mengalami benjol akibat bermain lato-lato.

BACA JUGA:Mawardi: PPKM Dicabut, Prokes Tetap Dijalankan

Mengutip Disway.id, Psikolog dari Universitas Andalas, Padang, Nila Anggreiny, juga turut mengatakan permainan lato-lato yang tengah viral di kalangan masyarakat punya dampak positif terhadap anak-anak. Ia menyebut permainan lato-lato telah mengalihkan perhatian anak-anak dari ponselnya.

"Permainan tradisional ini tentunya baik bagi anak, karena mengalihkan perhatian mereka dari handphone," kata Nila

Dia menyebut permainan lato-lato memiliki nilai positif dari sejumlah aspek. Salah satunya aspek perkembangan anak. Dari aspek perkembangan anak, lato-lato bisa melatih koordinasi mata dan motorik anak tangan.

Nila menilai permainan apa saja sebenarnya dapat membantu anak dalam menstimulus aspek perkembangan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: