Gejala yang paling umum dari kekurangan zat besi adalah mera, Ini 10 Lebih Gejala dan Ciri Kekurangan Zat Besi

Gejala yang paling umum dari kekurangan zat besi adalah mera, Ini 10 Lebih Gejala dan Ciri Kekurangan Zat Besi

Ilustrasi.google--

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hemoglobin bertugas untuk membuat sel darah merah yang akan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Kadar hemoglobin yang rendah membuat jantung bekerja ekstra keras untuk memompa darah dengan kandungan oksigen ke seluruh tubuh. 

Hal ini menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur dan cepat. Dalam kasus ekstrim, kondisi ini dapat menyebabkan pembesaran jantung hingga gagal jantung.

6. Rambut dan Kulit Kering

manfaat dan fungsi antioksidan untuk kulit

Kadar hemoglobin yang turun akibat kekurangan zat besi menyebabkan jumlah oksigen berkurang untuk sel-sel yang berperan dalam pertumbuhan rambut. Begitu juga kulit yang kekurangan oksigen dapat menjadi kering.

BACA JUGA:Terapkan Oneway, Antisipasi Kemacetan Jalur Objek Wisata Gunung Dempo Pagar Alam

Kekurangan zat besi dapat dikaitkan dengan kerontokan rambut yang dibuktikan oleh beberapa penelitian. Apalagi saat Anda mengalami kerontokan rambut parah yang bisa menandakan tubuh kekurangan zat besi.

7. Lidah dan Mulut Bengkak

Saat lidah Anda membengkak, meradang, atau pucat bisa menjadi tanda kekurangan zat besi. Termasuk juga saat Anda mengalami mulut kering, perasaan terbakar di mulut, luka merah di sudut mulut, serta sariawan.

8. Sindrom Kaki Gelisah

Tanda kekurangan zat besi selanjutnya adalah sindrom kaki gelisah atau restless legs. Ini adalah sindrom dorongan kuat untuk menggerakan kaki saat istirahat. 

Sindrom kaki gelisah juga dapat menyebabkan sensasi gatal yang tidak menyenangkan, serta aneh pada kaki dan tangan Anda. 

Kondisi sindrom kaki gelisah dapat memburuk pada malam hari, sehingga membuat Anda sulit untuk tidur. Penyebab sindrom ini sebenarnya belum dipahami. Namun sekitar 25% orang dengan anemia memiliki sindrom kaki gelisah.

BACA JUGA:Vibes Ala Bali, Spot Foto Keren Indramayu Punya

9. Kuku Rapuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc