Disdikbud Geber PPKD Inventarisir Aset Kebudayaan

Disdikbud Geber PPKD Inventarisir Aset Kebudayaan

Foto: Madhon/Pagaralampos.co PAPARAN: Walikota Pagaralam Alpian Maskoni paparkan hasil penyusunan PPKD.--

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.CO - Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH menghadiri sekaligus membuka giat Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kota Pagaralam tahun 2022, berlangsung di Gedung Seminar Hotel dan Villa Gunung Gare Kota Pagar Alam Rabu, 14 Desember 2022 

Dikatakan Kak Pian, seperti diketahui bersama adat sebagai sebuah gagasan kebudayaan, terdiri dari nilai-nilai hukum, kebiasaan, norma dan hukum adat yang telah diwariskan secara turun temurun. Dan dipertahankan sekelompok komunitas adat serta masyarakat.

"Sehingga membentuk karakter, acuan, kebiasaan, adat istiadat yang terus mengalir kepada seluruh masyarakat luas dan diwariakan oleh leluhur dari generasi ke generasi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kota Pagaralam H Cholmin Heryadi SPd MPd menuturkan, kegiatan penyusunan PPKD yang dilaksanakan ini, dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menginventarisir seluruh data dan aset kebudayaan di Pagar Alam.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kurikulum Merdeka

"Selain itu, untuk merumuskan kebudayaan di Kota Pagaralam, serta PPKD ini merupakan dasar dari rencana strategi dan RPJM Daerah Kota Pagaralam khususnya di bidang Kebudayaan," paparnya.

Cholmin berharap, dengan penyusunan PPKD ini mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Bidang Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

"Penyusunan PPKD juga dalam rangka pelestarian kebudayaan di Kota Pagaralam," tandasnya. (Cg09/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: