Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan -tangkapan layar -Net

 

PAGARALAMPOS. CO - Perlu kamu ketahui manfaat kunyit pada tubuh bisa digunakan untuk meredakan berbagai penyakit ringan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak dari masyarakat yang menggunakan kunyit kuning sebagai bumbu dasar masakan, teh, dan juga jamu.

Tanaman kunyit berasal dari Asia Tenggara, kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam famili Zingiberaceae yang mempunyai batang semu yang dibentuk dari pelepah daun-daunnya. Bagian utama tanaman kunyit adalah rimpangnya yang merupakan tempat tumbuhnya tunas. Senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah kurkuminoid dan minyak atsiri. 

BACA JUGA:REKOMENDASI APLIKASI UNTUK MENGONTROL PENGGUNAAN SMARTPHONE OLEH ANAK

Dengan adanya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, ada baiknya kamu mengkonsumsi kunyit secara rutin dengan takaran yang sesuai. 

Kandungan pada kunyit yang memberikan warna dan sifat fungsional adalah kurkuminoid.

Senyawa ini merupakan salah satu jenis antioksidan dan berkhasiat antara lain sebagai hipokolesteromik, kolagogum, koleretik, bakteriostatik, spasmolitik, antihepatotoksik dan anti-inflamasi. 

Berikut manfaat kunyit bagi kesehatan 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

BACA JUGA:Tetapkan Baju Tradisional, Disdikbud Lakukakan Pengkajian

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

2. Mengobati Radang

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber