Ini Deretan Artis yang Memiliki Keturunan Darah Pahlawan Nasional.

Ini Deretan Artis yang Memiliki Keturunan Darah Pahlawan Nasional.

Produser musik Maia Estianty.(Instagram/@maiaestiantyreal) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan Maia Estianty soal Dirinya Keturunan Keluarga Tjokroaminoto", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/11/24/18502576--Cepi

PAGARALAMPOS.CO - Sederet nama artis Indonesia ternyata memiliki keturunan darah Pahlawan Nasional yang memberikan jasa dan sumbangsih untuk bangsa ini. Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November menjadi momen terpenting bagi bangsa Indonesia untuk kembali mengenang perjuangan, jasa dan pengorbanan para Pahlawan yang berhasil membawa Bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

sejumlah publik figur yang memiliki garis keturunan dari pahlawan nasional yang kini memilih jalan lain dalam perjuangannya membaktikan hidupnya dengan berkiprah dalam bidang seni baik seni musik, seni peran dan sejumlah seni di Indonesia.

1. Dewi Yull

Nama Raden Adjeng Dewi Pudjijati atau yang dikenal dengan nama panggung Dewi Yull ternyata merupakan cucu dari Raden Mas Djokromono Tirto Adhi Soerjo, sosok penting di bidang pers dan tokoh kebangkitan nasional. Dirinya dilahirkan dari darah bangsawan Kasultanan Cirebon dan Melayu-Palembang.

Lahir di Cirebon, 11 Mei 1961, Dewi selama ini dikenal sebagai artis dan juga penyanyi serba bisa yang sudah malang melintang di industri hiburan sejak tahun 1977 saat pertama kali terjun ke industri hiburan. Perannya dalam serial Losmen (1986) membuat namanya melambung dan dikenal masyarakat luas sebagai seorang artis.

BACA JUGA:Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Bicara tentang kakek Dewi Yull, Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo merupakan tokoh yang sangat berjasa bagi dunia pers Indonesia. Soalnya, kakek buyut dari Dewi Yull ini menjadi orang pertama yang menerbitkan surat kabar berbahasa Indonesia pada 1907, yaitu Medan Prijaji. Namanya pun kini dikenang sebagai Bapak Pers Indonesia atas jasanya tersebut.

2. Maia Estianty

Sosok Maia Estianty atau yang akrab disapa Bunda Maia memang sudah familiar di hati para pecinta musik dan hiburan tanah air. Namun siapa sangka, wanita kelahiran Surabaya, 27 Januari 1976 itu merupakan Cicit dari pahlawan nasional H.O.S. Tjokroaminoto yang berhasil mendirikan Sarekat Dagang Islam bersama sahabatnya Samanhudi.

Untuk mengenang jasa HOS. Tjokroaminoto, Maia pernah ikut terlibat dalam film berjudul "Guru Bangsa : Tjokroaminoto" yang dirilis tahun 2015 silam. Dalam film yang disutradarai Garin Nugroho itu, Maia berperan sebagai Bu Mangoensoemo dan mantan istri musisi Ahmad Dhani itu juga ikut meriset perjalanan hidup kakek buyutnya itu sehingga bisa dijadikan sebuah film.

3. Asri Welas

Nama Asri Pramawati atau yang dikenal sebagai Asri Welas menjadi artis selanjutnya yang merupakan keturunan Pahlawan Nasional. Wanita kelahiran Jakarta, 7 Maret 1979 itu merupakan keturunan ketujuh dari pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro.

BACA JUGA:Dinas Perpustakaan Ukir Prestasi Gemilang, Di Ajang Festival Literasi Sumsel tahun 2022

Asri mengetahui merupakan keturunan dari Pangeran Diponegoro dari cerita neneknya yang di kediamannya terdapat pohon Jalar. Pohon tersebut ditanam di rumah neneknya itu sebagai pohon penanda mereka adalah keturunan Pangeran Diponegoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber