Ini Deretan Artis yang Memiliki Keturunan Darah Pahlawan Nasional.

Ini Deretan Artis yang Memiliki Keturunan Darah Pahlawan Nasional.

Produser musik Maia Estianty.(Instagram/@maiaestiantyreal) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan Maia Estianty soal Dirinya Keturunan Keluarga Tjokroaminoto", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/11/24/18502576--Cepi

Pangeran Diponegoro sendiri dikenal sebagai pahlawan nasional yang berjasa dalam memimpin Perang Jawa atau Perang Diponegoro yang berlangsung pada 1825-1830 melawan Hindia Belanda. Pangeran Diponegoro dianugerahi gelar pahlawan nasional pada 1973.

4. Dian Sastrowardoyo

Diandra Paramitha Sastrowardoyo atau yang dikenal sebagai Dian Sastrowardoyo merupakan cucu dari tokoh perjuangan bangsa, Sunario Sastrowardoyo yang merupakan tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia dan pernah menjadi pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

Selain itu, kakek Dian Sastrowardoyo juga terlibat dalam kongres Pemuda 1928, dirinya juga salah satu tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II. Dalam perjalanan karirnya pascakemerdekaan, Sunario pernah menjadi Menteri luar Negeri periode 1953-1955 dan berperan aktif dalam KTT Asia Afrika di Bandung tahun 1955. Selain itu, Sunario juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Inggris periode 1956 - 1961.

Sementara Dian Sastrowardoyo yang menjadi cucu Sunario kini juga ikut berjuang di Industri hiburan tanah air dengan menjadi pemain film. Bahkan Dian Sastro sempat memerankan tokoh RA Kartini dalam film Kartini yang dirilis tahun 2017 lalu.

BACA JUGA:Apresiasi Capaian Penghargaan Kepariwisataan, Pemkot Edukasikan Energi Hijau kepada Masyarakat

5. Karina Salim

Karina Eka Putri Salim atau yang lebih dikenal dengan Karina Salim menjadi selebriti tanah air yang memiliki hubungan kekerabatan dengan tokoh pergerakan Indonesia, H. Agus Salim.

Karina juga merupakan salah satu keponakan ahli ekonomi Indonesia, Prof. Dr. Emil Salim.

Di industri hiburan, wanita yang memulai karirnya sejak tahun 2010 lalu dengan membintangi beberapa judul film seperti Mantan Terindah, Salawaku, dan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

H. Agus Salim yang dinobatkan sebagai Pahlawan nasional pada 27 Desember 1961 melalui Keppres Nomor. 657 tahun 1961 sendiri dikenal luas pernah tergabung dalam Sarekat Islam dan menjadi pemimpin kedua setelah HOS Tjokroaminoto. Agus salim juga pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan sempat menjabat Menteri Luar Negeri di era Kabinet Sjahrir II dan III.

6. Jeje Soekarno

Muhammad Jihad Rahtomo Soekarnoputra atau yang terkenal dengan nama panggung Jeje Soekarno menjadi selebriti muda yang merupakan cucu dari Presiden Pertama Indonesia, Ir Soekarno.

Putra dari Hendra Rahtomo (Romy Soekarno) dan Donna Harun ini dikenal juga sebagai adik tiri aktor Ricky Harun. Jeje dikenal luas pertama sejak membintangi film Langit Biru pada tahun 2011 lalu.

Selain enam nama selebriti itu, ada pula nama Celine Evangelista yang merupakan dari H. Fadeli Luran, pendiri organisasi penampung aspirasi kelompok-kelompok Islam. Nama kakek Celine bahkan diabadikan sebagai nama jalan di Minasatene, Pangkajene, Biraeng, Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber