Karakter Kepercayaan

Karakter Kepercayaan

Rishi Sunak resmi terpilih sebagai PM Baru Inggris menggantikan Liz [email protected]

.Abah menulis kalimat penutup, ..."Ia tahu, yang bicara buoati Kediri, Jatim. Tapi saya juga orang Jatim: harus ikut bertanggung jawab" Aah..Abah, kalau saya ya emoh, laaah.. lha "ora mangan nangkane kok malah gupak pulute", hihihihi...

 

yohanes hansi

"Saya order Semen Padang", telpon saya ke bosnya toko bangunan. "Kok pakai semen jelek?", sahutnya. "Semen Padang itu bagus, lho. Semen pertama di Indonesia..", penjelasan saya sebagai kontraktor. "Tapi harganya kok murah? Mutunya pasti rendah.", bos toko bangunan menimpali. Karena bos toko punya banyak koneksi di kota saya, saya kuatir nama saya rusak, saya mengalah ganti merk semen lain. Huhhh.. agak jengkel saya. Sudah waktunya Semen Padang edukasi ke masyarakat jika mau bersaing. Harga Anda murah, mutu dapat dipertanggungjawabkan dari pada merk-merk baru yang lain. Terima kasih Abah turut memberi edukasi ke masyarakat. 

 

Saifudin Rohmaqèŕqqqààt

Dari tulisan Pak Disway di atas, kita jadi tahu. Tentang modal pendirian pabrik semen Padang. Yaitu 1.350.000 gulden. Yg menjadi pertanyaan adalah berapa rupiah nilainya kalau dikurskan saat ini? Saya tak tahu pastinya. Tapi bisa mengira ngira sekedar memberi gambaran saja. Pada tahun 1913 seorang Belanda bernama Tuan AJM Ledeboer membuka peternakan kambing di Probolinggo Jawa Timur. Ia punya uang 400 gulden dan membeli anakan kambing umur di bawah 3 bulan. Ia mendapatkan 88 kambing. Jadi harga setiap anak kambing 4,5 gulden. Saat ini harga anak kambing, saya tidak tahu pasti. Karena saya tidak pelihara anak kambing tapi pelihara anak orang. Katakanlah harga anak kambing tahun ini Rp 500.000. Jadi bisa dihitung 1 gulden sama dengan Rp 111.000. Sehingga sekarang jadi tahu berapa rupiah pendirian pabrik semen padang. Yaitu 111.000 x 1350000 = Rp 149.850.000.000. Kira kira 150 milyar rupiah modal awal untuk mendirikan semen padang tahun 1910 itu. Demikianlah gambaran yg bisa saya tuliskan. Sekian.

 

yusuf ho

Toboali, Sungai Selan, Koba, Batu Rusa, Merawang, Sungai Liat, Belinyu, Munto, Kurau, ada di Bangka

 

jonny yung linardin

Dokumen kuno yg menyebutkan beberapa kota tujuan yg disyway tidak tahu lokasinya saat ini adalah. Di Bangka juga Toboali Bangka Selatan, Sungai selan, koba Bangka Tengah, batu rusa, merawang, Sungailiat, belinyu, mentok. Jadi kesimpulannya gedung 2x yg dibangun pada masa itu sudah pakai semen padang. Mungkin banteng kuto panji yg di belinyu jg pakai semen padang.... Boleh dicoba berapa kerasnya. 

 

Asep Sumpena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: