Linmas Garda Terdepan Ciptakan Keamanan, Sat Pol PP Lahat Dorong Desa Perbanyak Linmas

Linmas Garda Terdepan Ciptakan Keamanan, Sat Pol PP Lahat Dorong Desa Perbanyak Linmas

APEL: Plt Kepala Dinas Satpol PP Lahat, Herry Kurniawan STTP ketika apel bersama anggota.-Foto: Heru/Pagaralam Pos-

PAGARALAM POS, Lahat - Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) atau sering disebut Hansip, sebagai garda terdepan menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, jumlahnya saat ini masih minim. Padahal, perannya di masyarakat sangat penting.

Sebagai pencegah dan penolong setiap persoalan yang ada di Desa.

Plt Kepala Dinas Satpol PP Lahat, Herry Kurniawan STTP tidak mengelak akan kurangnya jumlah Linmas di tiap desa. Selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban, keberadaan Linmas di desa juga sebagai tim tanggap bencana di desa.

“Jadi ketika ada bencana, Linmas bisa bergerak lakukan penanganan awal. Termasuk dalam upaya pencegahan kebakran hutan dan lahan (Karhutla),” ujarnya, Selasa (13/9).

BACA JUGA:Perhatikan Asupan Makanan, Jaga Kebersihan Lingkungan

Herry mengatakan, keberadaan Linmas bisa dianggarkan oleh desa. Jumlahnya, setiap desa maksimal ada 10 anggota Linmas dan satu komandan. Dengan adanya Linmas, maka pola Siskamling di desa juga akan kembali aktif. Sehinggga deteksi dini, pencegahan dan menciptakan keamanan di desa bisa terwujud. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Terima Surat Kepercayaan Delapan Duta Besar Negara Sahabat

“Untuk operasionalnya bisa dianggarkan oleh desa. Ini akan kita sampaikan ke camat, lalu bisa diteruskan ke desa- desa. Karena peran Linmas ini memang perlu untuk ditingkatkan,” terangnya. (her18)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: