Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan Presiden Filipina di Istana Bogor

Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan Presiden Filipina di Istana Bogor

Foto: Sekertariat Presiden--

BACA JUGA:Arahan Presiden Jokowi untuk Percepatan Transformasi Digital Pengadaan Barang dan Jasa

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon ulin atau Eusideroxylon zwageri bersama oleh Presiden Jokowi dan Ibu Iriana serta Presiden Ferdinand Marcos Jr. dan Ibu Louise Marcos.

Selepas penanaman pohon, kedua pemimpin negara kemudian menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral.

Sementara itu, Ibu Iriana dan Ibu Louise Marcos melakukan serangkaian acara pendamping antara lain meninjau pameran kain tenun dan penenun kain suku Badui.

Dalam pengantarnya saat pertemuan bilateral, Presiden Jokowi mengucapkan selamat datang kepada Presiden Ferdinand Marcos Jr. Presiden Jokowi merasa terhormat karena kunjungan ini juga merupakan kunjungan pertama Presiden Ferdinand Marcos Jr. ke luar negeri setelah ia dilantik sebagai Presiden Filipina ke-17.

BACA JUGA:Presiden Jokowi dan Raja Mswati III Saksikan Penandatanganan MoU Kerja Sama Ekonomi

"Selamat datang di Indonesia, suatu kehormatan menerima kunjungan luar negeri yang pertama Yang Mulia. Ini menegaskan hubungan bilateral kedua negara di bawah kepemimpinan Yang Mulia. Saya percaya hubungan kedua negara, Indonesia dan Filipina, akan makin erat," ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu, Presiden Ferdinand Marcos Jr. mengatakan bahwa kedatangan ia ke Indonesia dilandasi berbagai alasan, antara lain kedekatan hubungan Indonesia dan Filipina baik secara letak geografis maupun kedekatan budaya masyarakatnya.

Selain itu, Indonesia dan Filipina juga akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada 2024 mendatang.

"Saya pikir itu adalah salah satu hubungan diplomatik terlama. Sebenarnya kita telah memiliki hubungan sebelum kita memiliki negara.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Tinjau Progres Renovasi TMII

Indonesia dan Filipina berdagang, bertukar, anggota keluarga bolak-balik dari pulau selatan kami ke Indonesia selama ribuan tahun dan itulah mengapa sangat biasa bagi kami di Filipina untuk datang (ke Indonesia)," ungkap Presiden Filipina.

Usai pertemuan bilateral, Presiden Jokowi dan Presiden Ferdinand Marcos Jr. menyaksikan nota kesepahaman (MoU) yang telah disepakati oleh kedua negara. Setelah itu, kedua pemimpin negara menyampaikan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai.

Rangkaian kunjungan resmi tersebut diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan oleh Presiden Jokowi di Ruang Garuda.(*/min3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.presidenri.go.id