Pelatihan Manajemen Usaha untuk Penguatan SDM

Pelatihan Manajemen Usaha untuk Penguatan SDM

PELATIHAN: Suasana para peserta saat mengikuti pelatihan vokasi dan Manajemen Usaha yang diikuti komite BDC, pengelola, LKM dan KPP.-FOTO: Sandi/Pagaralampos-

PAGARALAM POS, PagaralamUntuk meningkatkan pengetahuan manajerial bisnis, komite dan pengelola BDC, LKM dan KPP diberikan pelatihan vokasi dan manajemen usaha.

BACA JUGA:Tingkatkan Mutu Kinerja Inspektorat

Pada kesempatan pembekalan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan usaha, baik di sejumlah rumah produksi kopi atau pun bisnis bussines development center (BDC).

BACA JUGA:Momentum Tingkatkan Kolaborasi Majukan Kota Pagaralam

Pada kesempatan pelatihan selama 4 hari yang dilangsungkan di Dempo Flower Hotel (DFH) pada Selasa (9/8) tersebut, mendatangkan Ketua Dewan Kopi Sumsel, Drs H M Zein Ismed MBA sekaligus fasilitator yang memberikan materi pelatihan.

BACA JUGA:Imbau Warga Tak Buang Sampah Sembarangan

Ketua Dewan Kopi Sumsel, Drs H M Zein Ismed MBA menilai jika saat ini, baik rumah produksi atau pun BDC sedikit banyak memiliki kemajuan, kendati masih ada kekurangan di sana-sini. Untuk itu, perlunya penguatan SDMnya melalui pelatihan-pelatihan.

BACA JUGA:Optimis Perekonomian Dapat Bangkit

“Pelatihan kali ini, yang diberikan kepada peserta mengenai soft skill. Ilmu ini tidak didapat di dunia Pendidikan Formal. Dan sangat perlu dipahami oleh personal, dalam hal ini mereka yang peran untuk mengambil keputusan,” kata dia seraya mengatakan keputusan tepat sangat penting dan pengaruhnya besar terhadap kelangsungan bisnis usaha yang dijalani.

BACA JUGA:Desi Agustina Siap Jalankan Program Srikandi

Dia juga mengapresiasi jika BDC dan rumah produksi kopi memiliki kemajuan dalam hal memajukan usaha kopi Pagaralam. “Bicara kopi, jadi fokus bapak Walikota Pagaralam. Untuk itu perlunya kerjasama Pemkot Pagaralam melalui lintas sektoral OPD terkait,” katanya.

Askot Kotaku Pagaralam, Aldi Ardiansyah menuturkan, pelatihan tersebut adalah pelatihan Gelombang 3 yang sebelumnya sudah digelar pelatihan melibatkan KSM di empat rumah produksi kopi. “Pelatihan di hari pertama ini, ada 4 materi yang dipaparkan oleh fasilitator. Yaitu materi jendela johari, kepribadian diri ideal, manfaat keterbukaan dalam dunia usaha dan cara memperluas keterbukaan,” imbuh dia.

Aldi berharap giat ini dapat menjadi pemahaman serta ilmu yang dapat diterapkan pada peserta nantinya. Kemudian, baik secara organisasi dan pribadi bisa action lebih baik lagi. Semoga ke depan usaha rumah produksi kopi dan BDC yang ada di Kota Pagaralam ini dapat terus maju dan berkembang, serta petani bisa sejahtera,” tambahnya. (SZ14/atg06/CE2/CE-V)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: