Pemkot PGA

BRI Dorong UMKM Madu Lokal Mendunia: Bukti Nyata Inklusi Finansial

BRI Dorong UMKM Madu Lokal Mendunia: Bukti Nyata Inklusi Finansial

BRI Dorong UMKM Madu Lokal Mendunia: Bukti Nyata Inklusi Finansial-Foto: net -

PAGARALAMPOS.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berkembang dan merambah pasar global.

Dukungan tersebut diberikan melalui serangkaian program pembinaan berkelanjutan yang meliputi akses pasar, pelatihan, serta fasilitasi promosi produk.

Salah satu mitra UMKM yang berhasil meraih pencapaian gemilang dari program ini adalah BeeMa Honey, produsen madu artisan berkualitas premium.

Usaha ini mulai dirintis pada tahun 2017 dan resmi berbadan hukum sebagai PT pada tahun 2019. Nama "BeeMa" sendiri diambil dari tokoh pewayangan Bima, yang dikenal sebagai simbol kejujuran, integritas, dan kepercayaan.

Pemilik BeeMa Honey, Fransisca Natalia Widowati, mengungkapkan bahwa kerja sama dengan BRI telah membuka banyak peluang untuk mengembangkan usahanya.

BACA JUGA:Perkuat Kapasitas Jurnalis Nasional, BRI Kukuhkan 45 Penerima Beasiswa Fellowship Journalism 2025

“Kami pertama kali berpartisipasi dalam kegiatan UMKM Expo(RT) yang diadakan BRI pada 2019 dan masuk 10 besar dalam kategori produk makanan siap ekspor.

Sejak saat itu, kami rutin ikut serta dalam berbagai pameran yang difasilitasi BRI, bahkan produk kami kerap dibeli untuk dijadikan suvenir perusahaan,” ujarnya.

Mengusung dua merek, yakni BEEMA HONEY dan BEEMA WELLNESS, UMKM ini memproduksi madu mentah berkualitas tinggi dari berbagai jenis lebah, termasuk lebah budidaya, lebah liar, dan lebah Trigona (tanpa sengat).

Semua produk mereka telah tersertifikasi Halal, BPOM, NKV, dan HACCP, serta diuji di laboratorium yang telah diakreditasi untuk menjamin mutu dan keamanan.

Salah satu tonggak keberhasilan terbaru BeeMa Honey adalah keikutsertaannya dalam ajang FHA Food & Beverage 2025 di Singapura yang digelar pada 8–11 April 2025. Dalam pameran tersebut, BeeMa Honey mempromosikan produk unggulannya ke pasar internasional dan berhasil menarik perhatian mitra strategis, termasuk beberapa hotel bintang lima di Singapura yang kini menjadi klien mereka.

BACA JUGA:Resmikan Sentra Layanan Prioritas di Cirebon, Kini BRI Miliki 43 Lokasi Layanan Premium

Fransisca menjelaskan bahwa respons pengunjung terhadap produk BeeMa sangat positif. “Banyak yang terkejut mengetahui Indonesia memiliki madu dengan rasa yang unik dan kualitas tinggi, bahkan mengungguli beberapa produk dari negara lain.

Di tengah kekhawatiran tentang keaslian madu di pasar global, BeeMa mampu memberikan keyakinan dan menjadi pilihan baru yang terpercaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait