Makanan Pemicu Gula Darah Naik, Ada Apa Saja?

Rabu 18-09-2024,15:17 WIB
Reporter : Mey
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Memahami bagaimana makanan mempengaruhi gula darah sangat penting, terutama bagi mereka yang mengelola diabetes atau mencoba menjaga kadar gula darah mereka stabil.

Beberapa makanan dapat menyebabkan lonjakan gula darah, sementara yang lain dapat membantu mengontrolnya.

Berikut adalah penjelasan mendalam mengenai jenis-jenis makanan yang dapat memicu kenaikan gula darah dan bagaimana mereka mempengaruhi tubuh:

1. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan, seperti yang ditemukan dalam roti putih, pasta, dan nasi putih, dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat.

Proses pemrosesan yang tinggi menghilangkan sebagian besar serat dari biji-bijian, sehingga meningkatkan laju penyerapan gula ke dalam aliran darah. Makanan ini memiliki indeks glikemik tinggi, yang berarti mereka meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

BACA JUGA:Berikut Manfaat Daun Kelor, Salah Satunya Bisa Menurunkan Risiko Diabetes

2. Gula Tambahan dan Makanan Manis

Makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan, seperti soda, permen, kue, dan es krim, dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Gula tambahan tidak hanya menambah kalori tanpa nilai gizi tetapi juga meningkatkan kadar glukosa darah dengan cepat.

Mengonsumsi makanan yang tinggi gula tambahan secara teratur dapat meningkatkan risiko resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng, dan nugget ayam, biasanya tinggi lemak trans, lemak jenuh, dan gula tambahan.

Lemak trans dan lemak jenuh dapat mempengaruhi sensitivitas insulin, sementara kandungan gula tambahan dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Kombinasi lemak dan karbohidrat olahan dalam makanan cepat saji membuatnya sangat berpotensi untuk meningkatkan gula darah.

Kategori :