Inilah Temuan Patung Manusia Terbesar dan Patung Hewan Pertama yang di Warnai di Turki

Senin 25-03-2024,17:58 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

BACA JUGA:Menelusuri Jejak Sejarah Berdirinya Klenteng Sam Poo Kong di Semarang

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Klenteng Tertua di Semarang, Indonesia? Sam Poo Kong!

Salah satu proyek terbarunya adalah Taş Tepeler. Ruang lingkup proyek di wilayah tersebut yang dilaksanakan di bawah kepemimpinan Profesor Necmi Karul - kepala fakultas Departemen Arkeologi Prasejarah di Universitas İstanbul, telah memahami aspek teknologi, ekologi dan sosial dari masyarakat manusia pertama yang menetap.

Survei permukaan yang dilakukan di Dataran Tinggi Şanlıurfa telah menghasilkan penemuan pemukiman kontemporer di dekat Göbeklitepe.

Pemukiman ini, yang secara kolektif disebut sebagai Taş Tepeler (Gundukan Batu), termasuk Karahantepe, Sayburç, Sefertepe, Harbetsuvan Tepesi, Gürcütepe, Çakmaktepe, Medik, Kurttepesi, Taşlıtepe, Ayanlar, Yoğunburç dan Yeni Mahalle, selain Göbeklitepe.

Dalam lingkup proyek ini, yang menampung beberapa contoh kehidupan menetap dan kompleksitas sosial paling awal di dunia, penelitian sedang berlangsung di sembilan situs arkeologi.

BACA JUGA:Mengulik Sejarah Vihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Semarang, Indonesia

BACA JUGA:Tetap Berdiri Kokoh! Inilah Sejarah Berdirinya Benteng Pendem Ambarawa

Penggalian di Karahantepe telah mengungkapkan struktur monumental yang serupa dengan yang ada di Göbeklitepe. Situs-situs tersebut terus berkontribusi melalui penelitian arkeologi untuk mengungkap sejarah manusia.

Selama penggalian yang dilakukan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata setempat, tampak patung babi hutan seukuran aslinya. Patung hewan itu terbuat dari batu kapur ditemukan di struktur D Göbeklitepe. Patung yang memperlihatkan sisa pigmen merah, putih, dan hitam di permukaannya ini merupakan lukisan seukuran aslinya.

Patung babi hutan yang ditemukan di Göbeklitepe itu ditemukan di atas bangku yang diperindah dengan hiasan, simbol berbentuk H, bulan sabit, dua ekor ular, dan tiga wajah atau topeng manusia.

BACA JUGA:Tetap Berdiri Kokoh! Inilah Sejarah Berdirinya Benteng Pendem Ambarawa

BACA JUGA:Menelusuri Sejarah Berdirinya Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Göbeklitepe: Situs yang Mengubah Jalan Sejarah

Terletak sekitar 18 kilometer timur laut pusat kota Şanlıurfa, dekat desa Örencik, Göbeklitepe adalah salah satu warisan paling signifikan dalam sejarah manusia. Sebagai situs Türkiye yang ke-18 yang masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO, situs arkeologi ini telah secara substansial mengubah pemahaman kita tentang masyarakat pemburu-pengumpul, seperti Zaman Neolitikum.

Upaya penggalian pertama di Göbeklitepe dimulai pada tahun 1995, dan banyak temuan digali dalam waktu singkat, termasuk pilar berbentuk T yang dihiasi motif binatang dan bentuk geometris, berbagai patung manusia dan hewan, perkakas batu dan tulang, serta sisa-sisa seperti tumbuhan dan tulang hewan yang mencerminkan pola makan yang ekonomis pada zaman tersebut.

Kategori :