Arkeolog Temukan Sisa-sisa Masjid Kuno di Israel Dalam Harmoni Agama

Selasa 21-05-2024,08:57 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

BACA JUGA:Sebuah Transformasi Bersejarah Biara Khora di Turki Kembali Jadi Masjid Kariye

Di bawah pemerintahan Muslim, Tiberias menjadi ibu kota provinsi pada awal kerajaan Islam dan semakin terkenal. Para khalifah awal membangun istana di pinggiran danau. Namun hingga saat ini, hanya sedikit yang diketahui tentang masa lalu Muslim awal di kota ini.

Gideon Avni, kepala arkeolog di Israel Antiquities Authority yang tidak terlibat dalam penggalian tersebut, mengatakan bahwa penemuan ini membantu menyelesaikan perdebatan ilmiah tentang kapan masjid mulai menstandardisasi desainnya, menghadap ke arah Makkah. "Dalam temuan arkeologis, sangat jarang ditemukan masjid-masjid awal," ujarnya.

Pandemi virus Corona tahun 2020-2022 telah menghentikan penggalian, dan rumput Galilea yang subur, tumbuh-tumbuhan, dan rumput liar tumbuh di atas reruntuhan. Hebrew University dan mitranya di German Protestant Institute of Archaeology telah memulai kembali penggalian.

BACA JUGA:Menjelajahi Jejak Sejarah Candi Singosari di Malang yang Penuh Misteri

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan 5 Fakta Menarik Candi Singosari di Jawa Timur

Penggalian awal situs tersebut pada tahun 1950-an membuat para ahli percaya bahwa bangunan tersebut adalah pasar Bizantium yang kemudian digunakan sebagai masjid. Namun penggalian Cytryn-Silverman menggali lebih dalam hingga ke bawah lantai.

Koin dan keramik yang terletak di dasar fondasi yang dibuat dengan kasar membantu memperkirakan usianya sekitar 660-680 M, hampir satu generasi setelah kota tersebut direbut. Dimensi bangunan, denah berpilar, dan kiblat, atau relung salat, sangat mirip dengan masjid-masjid lain pada masa itu.

Harmoni dalam Keberagaman

Avni mengatakan bahwa sejak lama para akademisi tidak yakin dengan apa yang terjadi pada kota-kota di Levant dan Mesopotamia yang ditaklukkan umat Islam pada awal abad ketujuh.

BACA JUGA:Mengungkap Rahasia situs Tutari dan wisata sejarah Papua yang Penuh Misteri

BACA JUGA:Sejarah Peradaban Yunani Kuno Awalnya Tak Ada Penjara, Ternyata Orang Ini Penggagasnya

"Pendapat-pendapat sebelumnya mengatakan ada proses penaklukan, penghancuran, dan kehancuran. Namun saat ini para arkeolog memahami bahwa ada proses yang cukup bertahap, dan di Tiberias Anda bisa melihatnya," ujarnya.

Masjid pertama yang dibangun di kota yang baru ditaklukkan ini berdiri berdampingan dengan sinagoga lokal dan gereja Bizantium yang mendominasi cakrawala.

Fase paling awal dari masjid ini lebih sederhana dibandingkan struktur yang lebih besar dan megah yang menggantikannya setengah abad kemudian, kata Cytryn-Silverman.

"Setidaknya sampai masjid monumental ini didirikan pada abad kedelapan, gereja terus menjadi bangunan utama di Tiberias," sebutnya.

Kategori :