Bagaimana IKN Mempengaruhi Kehidupan Suku Balik? Begini Faktanya!

Bagaimana IKN Mempengaruhi Kehidupan Suku Balik? Begini Faktanya!

Suku Balik-Kolase by Pagaralampos.com-net

PAGARALAMPOS.COM - Suku Balik, yang juga dikenal sebagai Suku Paser Balik, adalah salah satu suku asli yang mendiami wilayah Kalimantan Timur, terutama di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Keberadaan suku ini semakin disorot karena proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berdampak langsung pada lahan permukiman mereka.

Sejarah dan Asal-Usul

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat, Sifat dan Karakter Pandawa Lima dalam Kisah Pewayangan Mahabharata

 

 

Suku Balik telah lama mendiami wilayah Kecamatan Sepaku, khususnya di Kelurahan Sepaku, Pemaluan, dan Desa Bumi Harapan. 

Berdasarkan cerita rakyat dan berbagai sumber sejarah, mereka telah tinggal di daerah ini sejak masa penjajahan Belanda. 

Ada pula yang menyebutkan bahwa Suku Balik telah ada sejak masa pendudukan Jepang, atau bahkan lebih awal, di bawah kekuasaan Kesultanan Paser pada abad ke-18.

Menurut cerita, tanah yang didiami oleh Suku Balik dulunya merupakan hadiah dari Sultan Paser kepada anaknya yang menikah dengan seorang bangsawan Kutai.

 

BACA JUGA:Eksplorasi Sejarah Suku Musi Banyuasin, Mengenal Keberagaman Budaya di Sumatera Selatan

Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan Suku Balik di wilayah ini sudah sangat lama dan erat kaitannya dengan sejarah Kesultanan Paser.

Kebudayaan dan Tradisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: