Yakjuj dan Makjuj dalam Eskatologi Islam, Tanda Mendekatnya Hari Kiamat

Jumat 15-03-2024,06:03 WIB
Reporter : Bodok
Editor : Almi

"Dan mereka bertanya kepadamu, [wahai Muhammad], tentang Dzul-Qarnayn. Katakanlah, 'Aku akan membacakan kepadamu tentang dia.'"

Selanjutnya, Allah menjelaskan dalam ayat berikut bagaimana Dzulqarnain membangun penghalang untuk mengendalikan Yakjuj dan Makjuj. 

Dalam surat Al-Anbiya (21:95-96), Allah berfirman:

“Dan sesungguhnya Kami telah tetapkan kepada keturunan Adam mengenai tempat tinggal mereka di muka bumi, bahwa mereka tidak akan melanggar. Namun mereka melanggar, dan Kami tidak menjadikan bagi mereka penghalang dari Yajuj dan Majuj (Gog dan Magog), dan Kami telah tetapkan kepada mereka bahwa mereka tidak akan melampaui batas.”

BACA JUGA:Perkembangan Dunia Semakin Pesat Pertanda Akan Kiamat? Ini Penjelasan Dr Muhammad Ahmad Al-Mubayyad

Pelajaran dari Kisah tersebut

Narasi Yakjuj dan Makjuj dalam eskatologi Islam berfungsi sebagai pengingat umat manusia akan hari kiamat yang akan datang dan pentingnya menjaga keharmonisan di muka bumi. 

Kisah mereka mengajarkan kita tentang dampak kehancuran dan kekacauan yang mungkin timbul jika manusia menyimpang dari petunjuk Allah SWT. 

Hal ini menggarisbawahi perlunya setiap individu untuk menjunjung tinggi kebenaran dan berupaya menjaga perdamaian dan keseimbangan di dunia, agar mereka tidak menghadapi konsekuensi dari tindakan mereka di akhirat.***

Kategori :