Apa Saja Manfaat Diet Vegetarian Bagi Penderita Diabetes, Yuk Simak Penjelasannya

Sabtu 04-02-2023,10:25 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

2. Mengonsumsi Makanan Berprotein Nabati Bagi penderita diabetes, protein adalah nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu rasa kenyang, dan memperlambat pencernaan yang membantu mengatur gula darah.

Protein nabati termasuk kacang-kacangan, kacang polong, dan biji-bijian. Jenis diet vegetarian seperti Lacto-ovo vegetarian juga bisa mendapatkan protein dari telur dan yoghurt. 

3. Mengonsumsi Lemak Sehat Ketika memulai diet vegetarian untuk diabetes, biasanya Anda akan mengganti lemak jenuh yang terdapat dalam produk hewani dengan lemak sehat yang ditemukan dalam makanan nabati. Jadi, penting untuk menambahkan lemak sehat ke dalam diet vegetarian karena tubuh tidak dapat menghasilkan dua asam lemak esensial sendiri; yakni omega-3 dan omega-6.

Anda bisa mengonsumsi lemak sehat yang berasal dari alpukat, kacang-kacangan, margarin, minyak zaitun, dan minyak canola.

BACA JUGA: 5 Dampak Buruk Jika Sering Menahan Buang Air Kecil

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan, antara lain: Membuat kenyang lebih lama, sehingga membantu menjaga berat badan. Menjaga membran sel tetap sehat dan membantu perkembangan sel. Mempertahankan tekanan darah yang sehat. Menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Mengurangi risiko penyakit jantung.

Jika Anda memiliki diabetes dan ingin menjalani diet vegetarian, sebaiknya konsultasi dengan ahli gizi terlebih dahulu.

Ahli gizi akan membantu dalam membuat rencana makan yang menyediakan semua nutrisi dan jumlah kalori yang tepat untuk mempertahankan berat badan yang sehat.(*)

Kategori :