Deretan Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Tinggi, Cegah Anemia

Deretan Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Tinggi, Cegah Anemia

Deretan Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Tinggi, Cegah Anemia-net-net

PAGARALAMPOS.COM- Vitamin B12, juga dikenal sebagai kobalamin, adalah nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan sel darah merah, fungsi sistem saraf, dan sintesis DNA.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia megaloblastik, yang ditandai dengan produksi sel darah merah yang besar dan tidak normal.

Oleh karena itu, memastikan asupan vitamin B12 yang cukup sangat penting untuk mencegah anemia. Berikut adalah berbagai makanan yang kaya akan vitamin B12 dan cara mengintegrasikannya ke dalam diet Anda.

1. Sumber Hewani

a. Daging Merah

Daging merah, seperti daging sapi dan domba, merupakan salah satu sumber terbaik vitamin B12. Daging sapi yang berasal dari bagian otot memiliki kandungan B12 yang tinggi.

Satu porsi daging sapi panggang (sekitar 85 gram) dapat mengandung lebih dari 100% kebutuhan harian B12.

BACA JUGA:Tidak Hanya Lezat, Inilah Segudang Manfaat Sayur Bayam Bisa Menjaga Kesehatan Tubuh!

b. Unggas

Ayam dan kalkun juga kaya akan vitamin B12. Daging ayam, terutama bagian dada, dapat menjadi pilihan yang baik. Satu porsi dada ayam (sekitar 85 gram) mengandung sekitar 10% dari kebutuhan harian B12.

c. Ikan dan Makanan Laut

Ikan seperti salmon, trout, tuna, dan sarden adalah sumber yang sangat baik. Misalnya, 85 gram salmon dapat mengandung lebih dari 100% kebutuhan harian B12.

Selain itu, kerang dan tiram juga kaya akan vitamin B12, dengan satu porsi kerang bisa menyediakan lebih dari 1000% dari kebutuhan harian.

BACA JUGA:Menyelami Berbagai Macam Manfaat Buah Jarak bagi Kesehatan, yang Perlu Diketahui!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: