Jelang Penutupan Pendaftaran CPNS 2024, Masalah e-Materai PERURI Jadi Sorotan Netizen

Jelang Penutupan Pendaftaran CPNS 2024, Masalah e-Materai PERURI Jadi Sorotan Netizen

Jelang Penutupan Pendaftaran CPNS 2024, Masalah e-Materai PERURI Jadi Sorotan Netizen--

Sejak 20 Agustus 2024, pemerintah secara resmi membuka pendaftaran CPNS 2024. Pendaftaran ini dijadwalkan akan ditutup pada Jumat, 6 September 2024. 

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar adalah melampirkan surat pernyataan bermaterai elektronik (e-materai) sebagai bagian dari proses submit dokumen.

BACA JUGA:Bagaimana Mengetahui Formasi CPNS 2024? Simak Langkah Mudahnya di Sini

PERURI, bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), telah meluncurkan website resmi untuk pembelian e-materai melalui tautan https://meterai-elektronik.com/. 

Website ini dirancang untuk memudahkan pelamar dalam membeli e-materai yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan, termasuk pendaftaran CPNS. 

PERURI menjamin keaslian dari e-materai yang dibeli melalui platform tersebut dan bahkan menyediakan sistem refund bagi pelamar yang tidak menggunakan kuota e-materai dalam satu invoice pembelian.

Namun, dengan meningkatnya jumlah pelamar menjelang penutupan pendaftaran, sistem ini mulai mengalami kendala teknis. 

BACA JUGA:Kemenag Buka Rekor 20.772 Formasi CPNS 2024, Pendaftaran Dimulai Agustus Ini

Sejak Rabu, 4 September 2024, website tersebut sempat tidak bisa diakses oleh banyak pengguna, menimbulkan kekhawatiran bahwa proses pendaftaran mereka akan terhambat.

Pernyataan Resmi dari PERURI

Melalui akun media sosial resmi, @peruri.digital, PERURI menyampaikan bahwa tingginya lonjakan traffic di website e-materai menjadi penyebab utama dari kendala teknis yang terjadi. 

Mereka juga menyatakan bahwa kuota e-materai yang sudah dibeli oleh pengguna tidak akan hilang, meski ada keterlambatan dalam penambahan kuota ke akun pembeli.

Dalam pernyataan resminya, PERURI menyebut, "PERURI menjamin bahwa kuota e-materai yang sudah dibeli tidak akan hilang. Mengingat kondisi traffic website e-materai yang sedang tinggi, kuota e-meterai akan kembali secara berangsur."

BACA JUGA:Skandal Joki CPNS di Lampung, Dari Anak Pejabat hingga Alumni Kampus Ternama

Pihak PERURI juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para pelamar CPNS 2024 akibat kendala teknis ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: