Mengenal 6 Kesenian Tradisional Medan

Mengenal 6 Kesenian Tradisional Medan

Foto : Tari Gundala Medan- -Bobobox.com

Tarian ini pun tidak lagi terbatas sebagai tarian upacara tertentu dan menjadi jenis tarian yang ditampilkan dalam pertunjukan hiburan masyarakat Batak.

Selain hentakan kaki, tari tor-tor juga ditandai dengan pakaian yang unik dengan iringan alat musik gondang.

Lewat tarian ini, masyarakat tanah batak mengungkapkan keluh kesah dan harapan yang mereka harap dapat tersampaikan langsung kepada Tuhan.

3. Tari Maena

Adalah jenis tarian tradisional asal Suku Nias yang memiliki makna persatuan dan kebersamaan. Terlebih lagi, tari maena merupakan tarian seremonial yang tidak memiliki batas jumlah penari.

Pada awalnya, tari maena merupakan jenis seni tari yang melengkapi acara pernikahan adat dan merupakan salah satu cara untuk memuji kecantikan mempelai wanita.

BACA JUGA:Tangguh Segala Medan. Inilah Ban Mobil Terbaik dengan Harga Terjangkau

Namun sekarang kamu dapat melihat pertunjukkan tari maena dalam berbagai acara, seperti pernikahan, acara sambutan, dan seremonial adat Nias lainnya.

Tari maena biasanya diiringi dengan syair-syair merdu. Kemudian para penari akan melakukan berbagai formasi unik yang berfokus pada kombinasi hentakan kaki dan kedua tangan.

4. Tari Serampang Dua Belas

Seperti namanya, tari serampang dua belas merupakan perpaduan dua belas macam gerakan Melayu Deli. Meskipun awalnya hanya dapat dilakukan oleh penari pria, kini tarian ini ditampilkan oleh pasangan penari pria dan wanita. 

Tarian ini memiliki tempo yang cepat, diiringi dengan lagu bertempo rumba. Setiap gerakan dilakukan secara bergantian seiring dengan cerita yang disampaikan. Berikut informasi lengkap jenis gerakan yang digunakan:

BACA JUGA:20 Universitas Terbaik di Medan 2024: Peringkat dan Informasi Lengkap Versi UniRank

- Gerak tari permulaan, pasangan penari bergerak lambat mengelilingi satu sama lain untuk menggambarkan pertemuan pertama kali.

- Gerak tari berjalan yang menandakan tumbuhnya rasa cinta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: