Harga Bitcoin Naik di Tengah Spekulasi Penurunan Suku Bunga Fed

Harga Bitcoin Naik di Tengah Spekulasi Penurunan Suku Bunga Fed

Harga Bitcoin Naik di Tengah Spekulasi Penurunan Suku Bunga Fed--

Lonjakan harga Bitcoin terjadi seiring dengan pergerakan risk-on di pasar global yang lebih luas. 

Pada hari Senin, indeks-indeks utama Wall Street mencatat kenaikan yang kuat, seiring dengan meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve akan memangkas suku bunga pada bulan September. 

Pedagang sekarang memposisikan penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin, berdasarkan data dari CME FedWatch.

BACA JUGA:Peringatan dari Analis Kripto: Potensi Penurunan Harga Bitcoin di Tengah Volatilitas Pasar

Fokus utama pasar minggu ini tertuju pada pidato Ketua Fed Jerome Powell di Simposium Jackson Hole yang dijadwalkan pada hari Jumat. 

Meskipun kemungkinan Powell tidak akan secara eksplisit mengumumkan rencana penurunan suku bunga, investor berharap untuk mendapatkan komentar yang lebih optimis dari sang Ketua, terutama karena data terbaru menunjukkan adanya penurunan inflasi di Amerika Serikat. 

Penurunan suku bunga biasanya memberikan dampak positif bagi aset spekulatif dan berisiko seperti kripto, karena mengurangi biaya kesempatan dan meningkatkan likuiditas.

Risiko dari Apresiasi Yen Jepang

Namun, apresiasi tajam pada mata uang yen Jepang minggu ini menambah tantangan bagi pasar kripto. Tren serupa sebelumnya telah menyebabkan penurunan harga kripto di awal Agustus, ketika yen Jepang mengalami penguatan yang signifikan. 

BACA JUGA:Negara Inii Mendadak Kaya, Berkat Bitcoin Kok Bisa

Suku bunga yang rendah di Jepang menjadikan yen sebagai mata uang yang populer untuk perdagangan spekulatif, dan kripto sering menjadi tujuan utama dari perdagangan ini.

Namun, penguatan tajam yen pada awal Agustus, yang dipicu oleh sinyal hawkish dari Bank of Japan, menghentikan carry trade tersebut.

Setelah sempat melemah selama seminggu terakhir, yen kembali menguat tajam pada hari Senin.

Ini menghadirkan risiko potensial bagi pasar kripto yang didorong oleh risiko, mengingat volatilitas yang dihasilkan oleh fluktuasi nilai tukar yen.

BACA JUGA:4 Aplikasi Terbaik untuk Menghasilkan Bitcoin: Peluang Baru di Era Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: