Kenali Gejala Viris Mpox, Kemenkes Siapkan 12 Laboratorium di Indonesia

Kenali Gejala Viris Mpox, Kemenkes Siapkan 12 Laboratorium di Indonesia

Foto : Kenali gejala Virus Mpox-Ilustrasi-Instagram

PAGARALAMPOS.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan 12 laboratorium untuk mempercepat pemeriksaan individu yang diduga terinfeksi virus monkeypox (Mpox).

Dikuti laman beritasatu.com, Pelaksana Tugas Dirjen P2P Kemenkes, Yudhi Pramono menyatakan, laboratorium-laboratorium tersebut tersebar di berbagai kota besar di beberapa wilayah regional.

"Laboratoriumnya tersebar di beberapa kota besar," kata Yudhi dikutip dari kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, pada Minggu (18/8/2024).

Ia menyebut, laboratorium di wilayah regional I berlokasi di balai laboratorium kesehatan masyarakat Kota Medan, Sumatera Utara, sementara wilayah regional II di Kota Batam, Kepulauan Riau.

BACA JUGA:Lindungi Anak dari Ancaman Virus Polio, Suksesnya Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Pagaralam

Wilayah regional IV meliputi; Jakarta dan Pangandaran, Jawa Barat; regional V mencakup Yogyakarta dan Magelang, Jawa Tengah; regional VI terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur; dan regional VII di Kota Banjarbaru, Kalimantan Timur.

Selanjutnya, wilayah regional VIII terdapat di balai besar laboratorium kesehatan masyarakat di Makassar, sementara Regiona XI di Papua.


Foto : Kenali gejala Virus Mpox--Instagram

Sebagian besar laboratorium di regional ini telah dilengkapi dengan reagen untuk pemeriksaan Mpox. Namun, menurut Yudhi, laboratorium di regional III (Sumatera Selatan), regional IX (Maluku), dan regional X (Maluku Utara) masih dalam proses penyediaan.

Kemenkes yakin bahwa dengan adanya laboratorium ini, upaya mitigasi penyebaran virus Mpox di Indonesia akan lebih efektif lantaran hasil pemeriksaan bisa diperoleh dengan lebih terperinci.

BACA JUGA:Menkes Ungkap Indonesia Punya Radar Pendeteksi Virus Varian Baru

Gejala Mpox atau cacar monyet tersebut meliputi ruam dan lesi di wajah, tangan, kaki, tubuh, mata, mulut, atau kelamin. 

Selain itu, Yudhi juga menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan jika mengalami gejala yang mirip dengan Mpox.

Gejala lainnya termasuk demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, kelelahan, serta nyeri otot dan punggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: