Bagaimana Kerajaan Kanjuruhan Terhubung dengan Kerajaan Besar di Jawa? Cari Tahu Disini!

Bagaimana Kerajaan Kanjuruhan Terhubung dengan Kerajaan Besar di Jawa? Cari Tahu Disini!

Sejarah Kerajaan Kanjuruhan-Kolase by Pagaralampos.com-net

PAGARALAMPOS.COM - Sejarah berdirinya Kabupaten Malang tidak dapat dipisahkan dari kerajaan-kerajaan besar di tanah Jawa, bahkan Nusantara pada masa lalu. 

Salah satu kerajaan yang memiliki peranan penting dalam pembentukan Kabupaten Malang adalah Kerajaan Kanjuruhan yang berdiri di wilayah Malang, Jawa Timur

Kerajaan ini menunjukkan kebesarannya dengan menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan lain, yang tercermin dalam prasasti-prasasti kuno yang ditemukan di berbagai tempat di wilayah Malang.

Prasasti-prasasti Bersejarah

 

 

BACA JUGA:Eksplorasi Sejarah Suku Musi Banyuasin, Mengenal Keberagaman Budaya di Sumatera Selatan

Kerajaan Kanjuruhan meninggalkan jejak sejarah yang berharga melalui berbagai prasasti, di antaranya adalah Prasasti Dinoyo, Prasasti Bangliwan, dan Prasasti Sugih Manek

Prasasti-prasasti ini saling bertautan satu sama lain dan memberikan gambaran tentang kebesaran Malang sejak zaman kuno.

Salah satu prasasti yang penting adalah Prasasti Sugih Manek, yang ditemukan di wilayah Singosari, bagian utara Kabupaten Malang. 

Prasasti ini menyebutkan adanya pemberian anugerah dari Sri Maharaja Sri Daksa kepada Rakai Kanuruhan untuk menjadikan desa di daerah Limus dan Tampuran sebagai daerah perdikan untuk bangunan suci di Sugih Manek.

BACA JUGA:Sebagian Wanita Sparta Punya Dua Suami, Mengupas Kisah Sejarah Yunani Kuno!

 

Prasasti Sugih Manek ditulis di atas batu berukuran tinggi 94 cm, lebar 72 cm, dan tebal 18 cm, dengan 30 baris tulisan di depan dan 31 baris di belakang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: