Bagaimana Kerajaan Kanjuruhan Terhubung dengan Kerajaan Besar di Jawa? Cari Tahu Disini!

Bagaimana Kerajaan Kanjuruhan Terhubung dengan Kerajaan Besar di Jawa? Cari Tahu Disini!

Sejarah Kerajaan Kanjuruhan-Kolase by Pagaralampos.com-net

Mpu Sindok, seperti yang tercatat dalam Prasasti Turyan, ketika terjadi bencana dan keraton Medang Kamulan lama di Jawa Tengah bubar, juga pindah bersama pengikutnya dan memilih Malang sebagai awal kerajaannya untuk meneruskan kekuasaan Mataram.

Kumpulan tulisan Besar Edy Santoso menyebutkan bahwa pada tahun 915 M, Prasasti Sugih Manek mencatat adanya pemberian anugerah dari Sri Maharaja Sri Daksa kepada Rakai Kanuruhan untuk menjadikan desa di daerah Limus dan Tampuran sebagai daerah perdikan untuk bangunan suci di Sugih Manek. 

Prasasti-prasasti tersebut saling bertautan satu sama lain sejak zaman kuno, meskipun ada bagian-bagian yang tidak jelas karena sebagian prasasti mengalami aus atau rusak sehingga sulit terbaca.

BACA JUGA:Batu Ajaib dari Langit? Mengupas Kisah Penemuan Meteorit Maryborough yang Menggemparkan!

 

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Malang

Kabupaten Malang memiliki sejarah panjang yang berakar pada kebesaran Kerajaan Kanjuruhan dan kerajaan-kerajaan besar lainnya di Jawa Timur. 

Pada 28 November 2020, Kabupaten Malang akan merayakan Hari Jadi yang ke-1260 tahun. 

Perayaan ini tidak hanya mengingatkan kita pada kebesaran dan kejayaan masa lalu, tetapi juga menegaskan pentingnya melestarikan dan menghargai warisan sejarah yang telah membentuk identitas dan karakter Kabupaten Malang.

BACA JUGA:Berkedok Demi Kesejahteraan Rakyat! Inilah Ritual Menyimpang Raja Kertanegara

Dengan adanya berbagai prasasti dan jejak sejarah yang ditemukan, kita dapat memahami betapa pentingnya peran Kabupaten Malang dalam sejarah Nusantara. 

Kebesaran dan kejayaan masa lalu ini menjadi fondasi yang kuat bagi perkembangan Kabupaten Malang di masa kini dan masa depan.*

 

Source: timesindonesia.co.id - Kerajaan Kanjuruhan Terhubung dengan Kerajaan Besar di Tanah Jawa

https://timesindonesia.co.id/peristiwa-daerah/307136/kerajaan-kanjuruhan-terhubung-dengan-kerajaan-besar-di-tanah-jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: