Mengatasi Tarikan Motor Matic yang Kurang Bertenaga: Mengulas Penyebab dan Solusinya
Bagian Cvt Motor Matic yang Perlu Perawatan-Kolase by Pagaralampos.com-net
Setelah mencapai batas ini, v-belt yang aus dapat menyebabkan tarikan motor matic menjadi kurang responsif dan tenaga yang disalurkan ke roda tidak optimal.
2. Pulley
Pulley, atau rumah roller, adalah komponen lain dalam sistem CVT yang juga rentan terhadap keausan.
Pulley bekerja dengan v-belt untuk mengatur rasio perpindahan tenaga, dan jika mengalami keausan, kinerja CVT akan terpengaruh.
BACA JUGA:Hadir dengan Desain Menawan dan Tangguh! Simak Spesifikasi Lengkap Toyota Corolla Cross
"Pulley yang aus bisa dilihat dan dirasakan dengan tangan," ujar seorang mekanik dari bengkel di Duren Sawit, Jakarta Timur.
Jika pulley aus, gerakan v-belt tidak akan optimal, dan v-belt tidak dapat naik dengan cepat karena pulley rumah roller dan kipas yang aus.
Umur pakai pulley rata-rata sekitar 25.000 hingga 30.000 kilometer.
Jika pulley sudah mulai menunjukkan tanda-tanda keausan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan penggantian untuk menghindari masalah lebih lanjut.
BACA JUGA:7 Langkah Mudah Mengatur Karburator Motor untuk Mengatasi Tarikan Berat! Ini Penjelasan Lengkapnya!
3. Kampas Ganda Tipis
Kampas ganda, atau kampas kopling, adalah komponen penting lainnya dalam sistem CVT.
Kampas ganda berfungsi untuk bergesekan dengan mangkok kopling agar motor bisa bergerak maju. Karena proses gesekan ini, kampas ganda secara alami akan menipis seiring waktu.
"Kampas ganda yang tipis juga bisa dilihat dengan mata," kata Ateng dari bengkel SRT di Jatiwaringin, Bekasi.
BACA JUGA:NEW Yamaha Mio 155, Motor Matic Terbaru Dengan Performa Unggul Di Kelasnya!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: