Keturunan Si Pahit Lidah? Ternyata Ini Silsilah Keluarganya Versi Suku Gumay

Keturunan Si Pahit Lidah? Ternyata Ini Silsilah Keluarganya Versi Suku Gumay

Advent Mbangun Pemeran Film Si Pahit Lidah-tangkapan layar-surya.co.id

PAGARALAMPOS.COM - Masyarakat asli yang ada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), pasti tidak asing lagi ketika mendengar sosok pendekar sakti yang melegenda dengan kekuatan ucapannya.

Dari cerita rakyat di Sumsel, mereka mempercayai bahwa sosok tersebut sangat kuat dan disegani oleh warga karena kekuatan yang dimilikinya.

Bahkan, berkat kesaktiannya membuat pendekar ini banyak ditakuti, sebab jika sesorang melakukan hal yang menentang peraturan agama maka orang tersebut akan tertimpa sial ketka bertemu dengan sang pendekar sakti.

Bukan tanpa alasan, sosok pendekar tersebut memiliki sumpah yang mampu membuat sesuatu menjadi batu dalam sekejap.

Dalam versi dari Suku Serawai (Semidang Alas Bengkulu Selatan), Si Pahit Lidah berasal dari jazirah Arab, yang mendapat tugas dari Batara Majapahit untuk menjadi Duta Majapahit di Negeri Bengkulu. 

BACA JUGA:Danau Merah yang Dihuni Hewan Raksasa Antara Sumsel-Bengkulu, Letaknya Ternyata Di Pagar Alam!

Diantara beragam versi tentang Legenda Puyang Si Pahit Lidah, maka kami ber inisiatif untuk membuka sedikit wacana ini menurut catatan / tambo sejarah yang ada pada silsilah keluarga kami.

Maka Beliau yang namanya kami ambil sebagai Nickname di KWA ini ( Pangeran Sukemilung ) menurut tambo / sejarah GUMAY adalah keturunan dari seseorang yang bernama DIWE GUMAY.Kisah itu sebagai berikut:

Bahwa GUMAY adalah nama seorang DIWE yang turun kedunia dan mulai betapak di Padang Selase ( Bukit Siguntang ) di palembang. Ngawak Diwe mule-mule :

Diwe Gumay beristrikan anak Ratu Bengkulu. Waktu tersebut hampir bersamaan dengan terjadinya perang antara Bengkulu dan Aceh.

Menurut ceritanya, Diwe Gumaylah yang dipanggil oleh bakal istrinya untuk menyudahi perang tersebut. Sehingga membuat perang tersebut berakhir dengan istilah : Atjeh kalah-Bengkulu Silah.

BACA JUGA:Pendekar Sekaligus Pendakwah! 6 Lokasi ini Dikunjungi Si Pahit Lidah Menyebarkan Dakwah Kebaikan

Dari pernikahan itu, Diwe Gumay mempunyai dua anak :

Ratu Iskandar Alam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: