Eksplorasi Keanekaragaman Suku di Sumatera Selatan: Dari Komunitas Pinggir Sungai hingga Penduduk Perbukitan

Eksplorasi Keanekaragaman Suku di Sumatera Selatan: Dari Komunitas Pinggir Sungai hingga Penduduk Perbukitan

Eksplorasi Keanekaragaman Suku di Sumatera Selatan: Dari Komunitas Pinggir Sungai hingga Penduduk Perbukitan-Foto: net-

Huni wilayah di sepanjang Sungai Rawas dan utara Sungai Musi, suku Rawas terlibat dalam pertanian serta kerajinan barang dari rotan dan pandan. Mereka menunjukkan adaptasi yang baik terhadap lingkungan mereka.

Suku Ogan

Suku Ogan, yang mendiami Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ilir, dikenal dengan kehidupan mereka di sepanjang Sungai Ogan dan tradisi pembuatan pindang yang khas.

Suku Pasemah

Menetap di lereng Bukit Barisan, suku Pasemah memiliki hubungan sejarah dengan Raja Darmawijaya dari Majapahit. Keterhubungan mereka dengan alam menjadi bagian penting dari budaya mereka.

Suku Palembang

Suku Palembang adalah salah satu suku yang paling dikenal di Sumatera Selatan, dengan bahasa seperti Baso Palembang Alus dan Baso Palembang sehari-hari. Rumah adat mereka, rumah Limas, melambangkan warisan budaya yang berasal dari Kerajaan Sriwijaya.

Keberagaman suku di Sumatera Selatan mencerminkan kekayaan budaya yang luar biasa dan menunjukkan bagaimana berbagai suku dapat hidup berdampingan secara harmonis, mempertahankan identitas mereka sambil beradaptasi dengan perubahan zaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: