Perkuat Komitmen, Bergerak Lebih Maju, Pj Wako Hadiri Rakor Nasional Penguatan Komitmen Pengawasan

 Perkuat Komitmen, Bergerak Lebih Maju, Pj Wako Hadiri Rakor Nasional Penguatan Komitmen Pengawasan

Perkuat Komitmen, Bergerak Lebih Maju, Pj Wako Hadiri Rakor Nasional Penguatan Komitmen Pengawasan--

PAGARALAMPOS.COM - Penjabat Walikota Pagar Alam, H. Lusapta Yudha Kurnia SE MM, bersama dengan Kepala Badan Keuangan Daerah Pagar Alam, Ade Kurniawan, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penguatan Komitmen Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam Pemberantasan Korupsi.

Dalam sambutannya, Agustina Arumsari menyoroti pentingnya peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam mendorong penyelesaian pemerintahan yang lebih baik sebagai upaya pencegahan tindak pidana korupsi.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nowawi Pomolango, yang menegaskan tujuan rapat ini sebagai langkah konkret untuk mempertegas komitmen bersama dalam memerangi korupsi di tingkat daerah.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, turut memberikan sambutan pentingnya rapat koordinasi ini sebagai wujud memperkuat komitmen bersama.

BACA JUGA:Penemuan Jarum Tertua, Menyingkap Pembuatan Pakaian Dalam di Zaman Manusia Purba

BACA JUGA:Kelurahan Alun Dua Kota Pagaralam Kampanyekan Pola Hidup Sehat, Antisipasi Penyakit di Musim Penghujan

Tito Karnavian menekankan bahwa surat edaran yang dikeluarkan akan menjadi landasan bagi tiga instansi utama - KPK, BPKP, dan Kemendagri - untuk bergerak lebih maju dalam melaksanakan fungsi pengawasan dan penegakan integritas dalam pemerintahan daerah.

Rapat ini juga menjadi momentum strategis dalam melakukan review terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di setiap provinsi, kabupaten, dan kota.

Kemendagri akan terus mengawal efektivitas APIP dalam proses penyusunan APBD serta pengembangan sistem-sistem yang dapat mengurangi potensi tindak pidana korupsi di tingkat daerah.

Kegiatan rapat dilanjutkan dengan penandatanganan beberapa dokumen strategis, antara lain Surat Edaran tentang Penguatan APIP, Perjanjian Kerja Sama tentang Pengelolaan MCP (Manajemen Kinerja Pemerintah), dan Rencana Aksi Bersama tentang Penguatan APIP oleh Menteri Dalam Negeri, Ketua KPK, dan Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi.

BACA JUGA:Meningkatkan Kondusivitas Jelang Pilkada 2024, Polsek Dempo Utara Gelar Patroli Dialogis

BACA JUGA:Lagi lagi Israel Melancarkan Serangan Udara di Gaza, Tewaskan Wakil Menteri Palestina

Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen serius dari pemerintah pusat untuk mendukung upaya pemberantasan korupsi di level daerah.

Tak hanya itu, rapat ini juga menjadi momentum penting untuk menandatangani Komitmen Bersama Pencegahan Korupsi Daerah dan Penguatan APIP oleh Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: