Mengapa Mendaki Gunung Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental Anda? Ternyata Ini Alasannya!

Mengapa Mendaki Gunung Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental Anda? Ternyata Ini Alasannya!

Mendaki Gunung Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental -Kolase by Pagaralampos.com-net

Sifat hiking yang menahan beban juga bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang, sehingga mengurangi risiko osteoporosis.

BACA JUGA:Pasak Bumi: Rahasia Alami untuk Kesehatan Tubuh dengan 5 Manfaat Utamanya

Selain itu, mendaki gunung melibatkan berbagai kelompok otot seperti paha depan, paha belakang, fleksor pinggul, tulang kering, betis, bokong, dan inti, yang semuanya berkontribusi pada pertumbuhan dan pemeliharaan otot. 

Menggunakan tongkat trekking juga dapat melatih otot-otot tubuh bagian atas seperti lengan dan bahu, terutama saat pendakian yang lebih curam.

4. Peningkatan Keseimbangan dan Koordinasi

Navigasi di medan yang bervariasi dan menghindari rintangan seperti bebatuan dapat meningkatkan keseimbangan, postur, dan koordinasi.

BACA JUGA:Rahasia Alam: 5 Tumbuhan Liar yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

“Mendaki gunung menggabungkan komponen kardio, keseimbangan, dan angkat beban, yang menciptakan tantangan lebih besar bagi tubuh kita,” kata Joyce Gomes-Osman, ahli terapi fisik dan ahli saraf.

Manfaat Mental Mendaki Gunung

1. Pengurangan Stres dan Kecemasan

BACA JUGA:Atasi Gula Darah dan Banyak Lagi! Manfaat Menakjubkan Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Mendaki gunung terbukti efektif dalam mengurangi hormon stres. Bahkan, mendaki selama 30 menit saja dapat mengurangi hormon stres sebanyak 28 persen. 

Aktivitas ini juga terbukti meningkatkan variabilitas detak jantung dan menurunkan kadar kortisol, yang semuanya terkait dengan pengurangan stres akut.

2. Peningkatan Kognisi dan Fungsi Memori

Aktivitas mendaki memerlukan perhatian terus-menerus terhadap lingkungan sekitar, yang dapat meningkatkan keterampilan kognisi, fungsi memori, dan pemecahan masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: