Begini Asal-Usul Suku Bajo, Komon Mendiami Malaysia, Kerabatnya Ada di Filipiina

Begini Asal-Usul Suku Bajo, Komon Mendiami Malaysia, Kerabatnya Ada di Filipiina

Foto : Anak suku Bajo.-Begini Asal-Usul Suku Bajo, Komon Mendiami Malaysia, Kerabatnya Ada di Filipiina-google.com

PAGARALAMPOS.COM - Pemerintah Malaysia yang terbaru mengusir lebih menurut 500 orang suku Bajo menurut tempat tinggal mereka pada tanggal pantai negara bagian Sabah.

Pada 6 Juni lalu, petugas penegak aturan mulai membakar dan menghancurkan tempat tinggal -tempat tinggal milik suku Bajo pada tujuh pulau pada distrik Semporna, Sabah, berdasarkan aktivis setempat.

Malaysia menjamin eksodus itu buat menaikkan keamanan dan memerangi kejahatan lintas batas. Menteri Pariwisata, Kebudayaan danLingkungan Hidup Sabah Christina Liew menyampaikan petugas penegak aturan mempunyai kewenangan buat menindak kegiatan ilegal.

Seperti penangkapan ikan, bangunan, & pertanian tanpa izin, pada daerah lindung yg dikendalikan sang Sabah Parks, sebuah badan perlindungan negara.

BACA JUGA:Suku Moken: Kehidupan Tradisional di Lautan Pasifik yang Dikenal Sebagai Manusia Laut

Kedaulatan aturan negara pada perkara ini wajib ditegakkan,” istilah Liew pada sebuah pernyataan dalam Sabtu, 8 Juni lalu, misalnya dikutip Reuters.

Suku Bajo tercatat sudah tinggal selama berabad-abad pada daerah Semporna yg terletak pada ujung timur bahari Kalimantan, berbatasan menggunakan Filipina.

Mereka adalah suku nomaden yg poly menciptakan tempat tinggal bahtera atau gubuk pantai yg didirikan pada atas panggung.

Namun, poly masyarakat suku Bajo yg lahir tanpa dokumen kewarganegaraan & dipercaya sang pihak berwenang menjadi migran.

BACA JUGA:Mengupas Sejarah Suku Helong, Warisan Budaya dari Maluku ke Nusantara Timur

Oleh karenanya, pemerintah Malaysia mengusir para pengembara bahari itu menurut tempat tinggal mereka buat menaikkan keamanan.

Dari mana asal leluhur suku Bajo?

Mengutip Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud), suku Bajau atau Bajo adalah kelompok etnis dari Asia Tenggara yang dikenal dengan budaya maritim yang kuat. Asal-usul suku Bajo sendiri masih diperdebatkan.


Foto : Anak suku Bajo.-Begini Asal-Usul Suku Bajo, Komon Mendiami Malaysia, Kerabatnya Ada di Filipiina-google.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: