Kapal Selam Serang Nuklir Terbaru Cina, Dipersenjatai 8 Unit VLS

Kapal Selam Serang Nuklir Terbaru Cina, Dipersenjatai 8 Unit VLS

Foto Replika kapal anti kapal selam,-Kapal Selam Serang Nuklir Terbaru Cina, Dipersenjatai 8 Unit VLS-Indomikitwe.com

PAGARALAMPOS.COM - Lantaran masih dalam tahap konstruksi, sosok kapal selam serang bertenaga nuklir (SSN) terbaru Cina, Type 093B (kode NATO Shang III class) menjadi obyek buruan intelijen AS dan Barat.

Mengendus lewat citra satelit yang diarahkan pada pembangunan di Bohai Shipyard, baru dapat diterka profil kapal selam ini. Namun, secara perlahan lewat ‘remah-remah’ informasi, profil Type 093B dapat diterka dengan lebih presisi.

Seperti dikutip Armyrecognition.com (13/6/2024), foto dari model skala kapal selam nuklir Type 093B terungkap di media sosial lokal.

BACA JUGA:Tambah Ketegangan dengan AS, Kapal Selam Nuklir Rusia Bersandar di Kuba

Kapal selam dalam model skala itu disebut punya berat 6.200 ton dan dilengkapi 18 unit tabung peluncur rudal dengan vertical launching system (VLS).

Foto-foto yang dibagikan oleh para peminat militer menggambarkan model detail kapal selam baru Cina. Di dasar model terdapat tulisan “CSSC China Shipbuilding Group”, yang menunjukkan asal usulnya sebagai perusahaan induk dari Bohai Shipyard.

Label nama mengidentifikasinya sebagai “new nuclear submarine model,” yang menunjukkan bahwa kapal tersebut mewakili generasi kapal selam serang nuklir Type 093B.

Mengingat konstruksi model yang terperinci, kemungkinan besar model tersebut mencerminkan kapal selam yang telah mencapai tingkat kemampuan operasional tertentu.

BACA JUGA:Korvet Anti Kapal Selam Turki Gotong Rudal Atmaca

Dari keterangan pada model skala, disebut kapal selam ini punya panjang 126 meter, lebar 11 meter, serta kecepatan di bawah air 30 knots.

Sistem propulsi ducted pump-jet pada kapal selam Type 093B memungkinkannya mencapai kecepatan yang sebanding dengan kapal perusak Type 055, menjadikan 30 knot sebagai standar kecepatan minimum untuk armada kapal blue water navy di masa depan.

Kemampuan ini memastikan kapal selam dapat berintegrasi secara efektif ke dalam kelompok penyerang kapal induk.

Dengan jangkauan hingga 2.500 kilometer, rudal-rudal jelajah yang ada di Type 093B kemungkinan termasuk versi terbaru YJ-21 yang diluncurkan kapal selam, melampaui YJ-12A dan YJ-16, yang masing-masing memiliki jangkauan 500 dan 600 kilometer.

BACA JUGA:Inggris Akuisisi Kapal Selam Nuklir Virginia Class, Ternyata Pesanan Australia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: