First Steel Cutting Unit Kedua Frigat Merah Putih

First Steel Cutting Unit Kedua Frigat Merah Putih

Foto : Frigat Merah Putih.-First Steel Cutting Unit Kedua Frigat Merah Putih-Indomiliter.com

BACA JUGA:PT PAL Penuhi 4 Unit LPD Orderan Filipina, Lebih Memilih Indonesia Ketimbang Korsel

Arrowhead 140 (Type 31)

Untuk unit pertama frigat Merah Putih, pemotongan plat baja telah dimulai pada Desember 2022, yang artinya jika tidak ada kendala, maka pembangunan frigat akan rampung dalam waktu 69 bulan kemudian.

Dari sejarahnya, Babcock menandatangani perjanjian lisensi desain dengan PT PAL pada September 2021, yang mendukung pembangunan dua unit frigat Arrowhead 140 di fasilitas pembuat kapal Indonesia di Surabaya.

Arrowhead 140 didasarkan pada desain frigat Iver Huitfeldt class yang sebelumnya dikembangkan untuk Angkatan Laut Kerajaan Denmark. Proyek ini telah dicap secara lokal sebagai proyek frigat “Merah Putih”.

BACA JUGA:PT Palindo Marine Lakukan First Keel Laying Kapal Hidro-Oseanografi Ocean Going Pesanan TNI AL

Kecocokan senjata yang telah diusulkan untuk persyaratan Arrowhead 140 Indonesia dengan CMS Advent termasuk sistem peluncuran vertikal – vertical launching system (VLS) 12-cell untuk rudal permukaan-ke-udara (SAM) jarak menengah.

VLS 12 cell terpisah untuk SAM jarak jauh, 16 cell VLS untuk rudal permukaan-ke-permukaan (anti kapal), dua meriam 76 mm, dan close in weapon systems (CIWS) kaliber 35 mm.

Semua pengadaan sistem senjata di frigat Merah Putih akan dilakukan melalui skema Fit For But Not With (FFBNW).  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: