Meski Rasanya Hambar! Ternyata Teh Tawar Miliki Segudang Manfaat Loh!

Meski Rasanya Hambar! Ternyata Teh Tawar Miliki Segudang Manfaat Loh!

Meski Rasanya Hambar! Ternyata Teh Tawar Miliki Segudang Manfaat Loh! -Foto: net-

Minum teh tawar dapat membantu mengurangi risiko gangguan kognitif seperti pikun dan Alzheimer. Senyawa flavonoid dalam teh memiliki sifat antioksidan yang mengurangi radikal bebas di otak, yang dapat menjadi penyebab Alzheimer dan pikun.

ECGC dalam teh juga membantu menghambat senyawa yang menjadi penanda adanya Alzheimer, serta melancarkan aliran darah menuju otak untuk menurunkan risiko stroke.

2. Penurunan Berat Badan

Teh tawar hangat tanpa tambahan gula cocok untuk menjadi bagian dari program diet karena rendah kalori. Kandungan ECGC dan kafein dalam teh membantu meningkatkan pembakaran lemak dan kalori, meskipun penurunan berat badan yang dialami cenderung lebih kecil dan tidak drastis.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Baik dari Mengkonsumsi Teh Kombucha Baik untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Berpuasa untuk Jaga Kesehatan Tubuh

3. Efek Menenangkan

Senyawa l-theanine dalam teh memiliki efek menenangkan pada otak, membuat Anda merasa lebih rileks tetapi tetap terjaga. Efek ini dapat memberikan sensasi tenang setelah minum teh tawar hangat.

4. Meningkatkan Fokus

Kafein dalam teh membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, sementara l-theanine memiliki sifat menenangkan yang membantu meningkatkan kemampuan belajar.

5. Pengendalian Gula Darah

Teh tawar mengandung EGCG, yang membantu melindungi sel pankreas dari peradangan dan radikal bebas. EGCG juga membantu meningkatkan kadar insulin dalam darah, sementara senyawa gallic acid dalam teh membantu menyerap gula dari darah ke otot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: