Mengulik Segudang Manfaat Wedang Jahe yang Menyehatkan Tubuh

Mengulik Segudang Manfaat Wedang Jahe yang Menyehatkan Tubuh

Mengulik Segudang Manfaat Wedang Jahe yang Menyehatkan Tubuh-Foto: net-

Minuman jahe dapat membantu mengendalikan gejala rinitis alergi. Penelitian yang diterbitkan di BMC Complementary Medicine and Therapies (2020) menunjukkan bahwa mengonsumsi air jahe secara rutin selama 3-6 minggu dapat mengurangi bersin dan gatal-gatal pada hidung pada penderita rinitis alergi.

3. Menjaga kadar gula darah

Minum air jahe dapat menurunkan kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2 hingga 12 persen, menurut penelitian yang dipublikasikan di Iranian Journal of Pharmaceutical Research (2015).

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Baik dari Mengkonsumsi Teh Kombucha Baik untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Berpuasa untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Gingerol dalam jahe diduga dapat membantu mengontrol glukosa dalam tubuh dan meningkatkan penggunaan hormon insulin.

4. Membantu menurunkan berat badan

Minuman jahe memiliki potensi untuk membantu menurunkan berat badan dan mengurangi ukuran pinggang dan pinggul. Efek panas dari minuman jahe dapat meningkatkan suhu tubuh, mempercepat metabolisme, dan membantu pembakaran lemak, menurut penelitian yang diterbitkan di Metabolism: Clinical and Experiments (2012).

5. Meredakan masalah pencernaan

Jahe telah lama dikenal sebagai ramuan herbal untuk meredakan kembung dan masalah pencernaan lainnya. Senyawa dalam jahe dapat merangsang gerakan pada saluran pencernaan, mengurangi kembung, dan mempercepat pengosongan lambung.

Kandungan gingerol dan paradol dalam jahe juga dapat melawan bakteri penyebab infeksi saluran pencernaan seperti E. coli dan Salmonella typhi, membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, dan mengurangi risiko diare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: