Disebut Bupati Sholawat, Ini Langkah Pj Bupati Lahat Menuju Kota Takwa!

Disebut Bupati Sholawat, Ini Langkah Pj Bupati Lahat Menuju Kota Takwa!

Disebut Bupati Sholawat, Ini Langkah Pj Bupati Lahat Menuju Kota Takwa!--

PAGARALAMPOS.COM - Upaya Penjabat (Pj) Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP MSi, untuk menjadikan Lahat sebagai Kota Takwa mulai menampakkan hasil.

Salah satu inisiatifnya yang paling menonjol adalah penerapan pembacaan Sholawat Busyro di setiap awal aktivitas, yang kini mulai diikuti oleh masyarakat, termasuk anak-anak usia dini.

Muhammad Farid, yang kerap mendapat julukan "Bupati Sholawat" dari rekan-rekannya, mengungkapkan bahwa upaya ini tidak hanya bertujuan untuk membentuk karakter religius di kalangan masyarakat Lahat, tetapi juga untuk menanamkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW sejak usia dini.

Salah satu momen penting yang menandai keberhasilan program ini adalah pada Hari Pendidikan Nasional lalu, ketika Farid memberikan hadiah uang tunai kepada peserta didik yang berhasil menghafal Sholawat Busyro.

BACA JUGA:Cerita Pilu Dokrer di Rafah, Dubalik Kekejian Serangan Israel Kepada Penduduk Palestina

"Alhamdulillah upaya ini sudah bisa diterima dan dicontoh langsung oleh generasi penerus kita. Sebagai pemimpin dan orang tua kita punya kewajiban untuk membimbing anak-anak. Memberikan pendidikan dunia dan akhirat kepada anak-anak," ujar Muhammad Farid, sembari memangku Muhammad Raffi Ganesa, seorang anak berusia empat tahun yang sudah hafal Sholawat Busyro, di Rumah Dinas Bupati Lahat pada Selasa (28/5/2024).

Pendidikan Berbasis Religius

Farid menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu, ia menetapkan kebijakan untuk mewajibkan pembacaan Sholawat Busyro di setiap kegiatan, baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat maupun di satuan pendidikan.

Menurutnya, Sholawat Busyro yang mengekspresikan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW ini, mampu menciptakan lingkungan yang positif dan memberikan pengaruh baik terhadap perilaku anak-anak generasi penerus.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Ciptakan Generasi Muda Menjadi Petani Milenial melalui TOT GSMP Goes To School Awards 2024

"Generasi penerus akan berperilaku positif jika lingkungan sekitarnya positif. Alhamdulillah sekarang setiap aktivitas selalu dimulai dengan membaca Sholawat Busyro," tambah Farid.

Manfaat Pembacaan Sholawat Busyro

Pembacaan Sholawat Busyro yang kini menjadi rutinitas di Kabupaten Lahat dianggap membawa banyak manfaat, terutama dalam mengagungkan Nabi Muhammad SAW.

Farid meyakini bahwa dengan seringnya membaca sholawat ini, keberkahan akan selalu menyertai umat di Kabupaten Lahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: