Mengungkap Rahasia Efektif Mengatasi Mual Asam Lambung yang Naik

Mengungkap Rahasia Efektif Mengatasi Mual Asam Lambung yang Naik

Mengungkap Rahasia Efektif Mengatasi Mual Asam Lambung yang Naik -Foto: net-

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung dapat dimulai dengan mengatur pola makan. Anda dianjurkan untuk makan dalam porsi sedikit tetapi sering. Selain itu, hindarilah makan dalam porsi besar dan terburu-buru.

2. Hindari makanan dan minuman pemicu asam lambung

Anda juga disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang memicu asam lambung naik sehingga menyebabkan rasa mual, seperti cokelat, peppermint, makanan berlemak, serta minuman berkafein, dan beralkohol.

BACA JUGA:Sejarah Hajar Aswad, Diriwayatkan Batu Langit Yang Dibawa Malaikat Jibril

BACA JUGA:Menggali Sejarah Asal-usul Gunung Arjuna! Konon Hasil Petapaan Anggota Pandawa

3. Hindari berbaring setelah makan

Makanan memerlukan waktu sekitar 2–3 jam untuk dicerna oleh lambung. Berbaring setelah makan dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa mual. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghindari makan mendekati jam tidur sebagai cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung. 

4. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Tidur dengan posisi yang salah dapat menyebabkan rasa mual ketika asam lambung sedang naik. Untuk itu, sebaiknya posisikan kepala Anda agar lebih tinggi daripada perut. Anda dapat tidur memakai bantal yang lebih tinggi sebagai cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung naik ke kerongkongan.

BACA JUGA:Mengungkap Jejak Sejarah Asal-usul Terbentuknya Gunung Arjuna di Malang

BACA JUGA:Arkeolog Ungkap Jejak Prasejarah Kehidupan Manusia Zaman Dulu di Gua Topogaro

5. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet juga menjadi salah satu cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung. Hal ini karena permen karet mampu mengurangi asam pada mulut dan kerongkongan. Namun, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas mengunyah permen karet dalam mengatasi asam lambung.

6. Konsumsi jahe

Pengobatan herbal seperti jahe terbilang efektif sebagai cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung. Senyawa fenolik pada jahe dapat meredakan iritasi saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi lambung. Oleh karena itu, jahe dapat mengurangi rasa mual karena asam lambung naik ke kerongkongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: