Warga Paniai Selamat dari Penembakan OPM, Kronologinya Begini

Warga Paniai Selamat dari Penembakan OPM, Kronologinya Begini

Foto : Ilustrasi, teror penembakan.-Warga Paniai Selamat dari Penembakan OPM, Kronologinya Begini-Google.com

PAPUA  PAGARALAMPOS.COM - Seorang warga bernama Arwin lolos dari penembakan anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kabupaten Paniai, Papua Tengah. Peluru yang ditembakkan OPM ke arah Arwin meleset dan mengenai helm yang berada di dinding rumahnya.

Aksi anggota OPM itu terjadi di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai pada Selasa (21/5) sekitar pukul 21.35 WIT. Kejadian bermula saat dua anggota OPM mendatangi kios di rumah milik Arwin dengan berpura-pura membeli rokok.

"Arwin melayaninya dengan memberikan rokok namun tiba-tiba salah satu dari 2 orang KKB tersebut mengeluarkan senjata api," ujar Ka Ops Damai Cartenz 2024 Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).

Melihat senjata tersebut, Arwin sontak mencoba melarikan diri. Anggota OPM sempat melepaskan tembakan ke arah Arwin namun akhirnya meleset dan mengenai helm yang berada di dinding kiosnya.

BACA JUGA:Satgas Damai Cartenz Tangkap Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide, Aparat Dalami Motif Penembakan

"Saat penembakan terjadi, korban langsung melarikan diri ke dalam rumah sehingga tidak terkena tembakan namun terkena helm pada dinding rumah dan saat itu pula kedua KKB tersebut melarikan diri," katanya.

Faizal menambahkan, anggota OPM yang melakukan penyerangan merupakan pimpinan Undius Kogoya. Selain melakukan penembakan, mereka juga membakar kios dan gedung sekolah di sekitar lokasi.

"KKB Paniai pimpinan Undius Kogoya. Berulah dengan membakar sejumlah bangunan sekolah dan kios serta melakukan aksi penembakan," ujarnya.

Sementara, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno mengatakan akibat insiden itu 23 warga dievakuasi aparat di Mako Polres Paniai. Aparat hingga saat ini masih siaga untuk mengantisipasi aksi susulan.

BACA JUGA:Anggota OPM Tewas Kontak Tembak, Bernama Basoka Lawiya Merupakan Ajudan Undius Kagoya

"Para guru PAUD, SD, dan SMP YPPGI Kepas Kopo Paniai dan keluarganya telah berhasil diamankan oleh aparat gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz ke Mako Polres Paniai serta telah terdata 23 orang yaitu 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan serta 4 orang anak kecil," ujarnya.

"Untuk Saat ini, Aparat Gabungan TNI-Polri dan Satgas Damai Cartenz-2024 masih bersiaga untuk mengantisipasi aksi susulan dari KKB," tutupnya.

Warga Homeyo yang Mengungsi Kini Sudah Pulang

Warga yang sempat mengungsi imbas aksi Organisasi Papua Merdeka (OPM), dilaporkan telah kembali ke Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, sejak Sabtu (18/5/224).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: