Rusia Kirim Pesawat Khusus, 50 Tim Penyelamat Melakukan Operasi Pencarian

Rusia Kirim Pesawat Khusus, 50 Tim Penyelamat Melakukan Operasi Pencarian

Foto : Vladimir Putin.-Rusia Kirim Pesawat Khusus, 50 Tim Penyelamat Melakukan Operasi Pencarian-Detik.com

PAHGARALAMPOS.COM - Rusia ikut membantu pencarian helikopter jatuh yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi. Tim penyelamat hingga pesawat khusus disebut akan dikirimkan.

Dilansir CNN, Senin (20/5/2024) Rusia berencana mengirim pesawat khusus dan 50 penyelamat gunung profesional ke lokasi di Iran utara.

Dua helikopter khusus Rusia akan dikirim ke lokasi kecelakaan dari Armenia, menurut IRNA. Pengiriman bantuan ini disebut diperintahkan langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sementara itu, dilansir AFP, tim penyelamat dari Kementerian Situasi Darurat Rusia akan membantu operasi pencarian.

BACA JUGA:Presiden Iran Tewas Dalam Kecelakaan Helikopter, Wagner Group dan Israel di Baliknya?

"Atas permintaan pihak Iran, tim penyelamat dari Kementerian Situasi Darurat Rusia akan membantu dalam operasi pencarian dan penyelamatan," tulis kementerian itu dalam pernyataan yang dipublikasikan di Telegram

"Tim tersebut, yang terdiri dari 47 spesialis dengan perlengkapan dan perlengkapan yang diperlukan, kendaraan segala medan, serta helikopter BO-105," akan menuju ke kota Tabriz di barat laut, katanya.

Diketahui, sebelum insiden menimpa orang nomor wahid di Iran tersebut, helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dilaporkan jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur. Ebrahim Raisi diketahui sebelumnya sempat meresmikan proyek bedungan di wilayah perbatasan.

Dilansir CNN, Senin (20/5/2024) helikopter yang membawa Presiden Raisi jatuh pada hari Minggu di sebuah provinsi pegunungan terpencil dekat perbatasan Iran dan Azerbaijan.

BACA JUGA:Lokasi Jatuh Helikopter Presiden Iran Ditemukan, Terdeteksi Kamera Termal Drone Akinci

Kantor berita negara Iran Press TV melaporkan Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev meresmikan proyek bendungan di perbatasan pada hari Minggu, sebelum kecelakaan terjadi.

Presiden Aliyev mengatakan negaranya siap memberikan dukungan dan bantuan untuk mencari helikopter tersebut. Ia juga menyertakan doa untuk Presiden Raisi dan delegasi Iran lainnya.

"Hari ini, kami sangat terganggu oleh berita tentang sebuah helikopter yang membawa delegasi utama melakukan pendaratan darurat di Iran," kata Aliyev dalam sebuah postingan di X.

"Doa kami kepada Allah SWT menyertai Presiden Ebrahim Raisi dan delegasi yang menyertainya. Sebagai negara tetangga, sahabat, dan persaudaraan, Republik Azerbaijan siap menawarkan bantuan apa pun yang diperlukan," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: helikopter presiden dihantam badai