Mengungkap Hasil Temuan Arkeolog di Arab Berupa Kapak Tangan Purba yang Berusia 200 Ribu Tahun

Mengungkap Hasil Temuan Arkeolog di Arab Berupa Kapak Tangan Purba yang Berusia 200 Ribu Tahun

Mengungkap Hasil Temuan Arkeolog di Arab Berupa Kapak Tangan Purba yang Berusia 200 Ribu Tahun -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Komisi Kerajaan untuk  AlUla (RCU) di Arab Saudi baru saja mengumumkan penemuan kapak kuno Paleolitik berusia ratusan ribu tahun oleh tim arkeolog.

Kapak ini, menurut Newsweek, ditemukan di situs Qurh atau Al-Mabiyat, terletak  dekat desa Mugheira, sekitar 20 km selatan kota modern AlUla.

“Tim penggalian arkeologi di situs Qurh di Kegubernuran AlUla  menemukan kapak tangan  Paleolitik yang diperkirakan berusia lebih dari 200.000 tahun,” tulis RCU.

Menurut arkeologi, alat ini mempunyai sifat  kuat karena terbuat dari batu basal berukuran 51,3 cm. Ada kemungkinan kapak seperti ini digunakan sebagai alat pemotong.

BACA JUGA:Sosok Firaun Menkaure dalam Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Kebudayaan dan Sejarah Kesultanan Deli di Sumatera Utara

Para arkeolog menemukan benda bersejarah berupa kapak tangan yang berusia sekitar 200.000 tahun di situs Qurh, AlUla, Arab Saudi. 

Kapak ini diduga berasal dari Zaman Paleolitik. 

Komisi Kerajaan untuk AlUla (RCU) Arab Saudi menyebut kapak tangan tersebut terbuat dari batu basal lembut dan memiliki panjang 51,3 cm, menunjukkan ciri-ciri yang mengindikasikan penggunaan untuk memotong atau menebang. 

Dilansir dari Saudi Gazette, Para peneliti masih mengkaji fungsi alat ini di masanya. 

BACA JUGA:Mengenal Peradaban Zaman Megalitikum, Jejak Prasejarah yang Menyimpan Warisan Budaya

BACA JUGA:Zubair Bin Awwam: Teladan Keberanian dan Kesetiaan dalam Sejarah Islam

Kawasan Qurh di AlUla merupakan situs dengan signifikansi sejarah dari periode awal Islam, menjadi salah satu lokasi perkotaan penting di Semenanjung Arab, yang menyimpan sejumlah rahasia dan harta sejarah.

"Tim penggalian arkeologi di situs Qurh di Kegubernuran AlUla telah menemukan kapak tangan Zaman Paleolitik yang diperkirakan berusia lebih dari 200.000 tahun," tulisnya, dikutip dari laman Arkeonews.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: