Menjelajahi Jejak Sejarah dan Asal-usul Cirebon yang Didirikan Keturunan Prabu Siliwangi

Menjelajahi Jejak Sejarah dan Asal-usul Cirebon yang Didirikan Keturunan Prabu Siliwangi

Menjelajahi Jejak Sejarah dan Asal-usul Cirebon yang Didirikan Keturunan Prabu Siliwangi -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Selain memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui, asal usul nama Cirebon juga tidak terlepas dari sejarahnya.

Asal Usul Cirebon Berdasarkan  naskah Babad Tanah Sunda dan Atja dalam naskah Carita Purwaka Caruban Nagari, asal usul nama Cirebon berasal dari kata sarumban. Konon daerah Cirebon dulunya adalah sebuah desa kecil yang didirikan oleh Ki Gedeng Tapa.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini terus berkembang menjadi wilayah yang luas. Desa tersebut akhirnya mendapat nama Caruban, berasal dari kata carub yang dalam bahasa Cirebon berarti kesatuan.

Nama tersebut diberikan karena banyak pendatang dari berbagai suku, agama, bahasa, adat istiadat, asal usul dan mata pencaharian  tinggal di daerah tersebut. Seiring berjalannya waktu, pengucapan Caruban berubah menjadi Cerbon.

BACA JUGA:Mengenal Peradaban Zaman Megalitikum, Jejak Prasejarah yang Menyimpan Warisan Budaya

BACA JUGA:Zubair Bin Awwam: Teladan Keberanian dan Kesetiaan dalam Sejarah Islam

Di sepanjang Jalan Siliwangi, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, banyak terdapat situs bersejarah dari  abad ke-16 hingga pasca kemerdekaan.  Banyak peninggalan sejarah yang tidak terlepas dari fungsi Jalan Siliwangi yang merupakan jalan tertua di Cirebon.

Jalan Siliwangi diperkirakan sudah ada sejak abad ke-15. Penggiat Sejarah Komunitas Sejarah Cirebon  Putra Lingga Pamungkas mengatakan, salah satu alasan  Jalan Siliwangi menjadi jalan tertua di Cirebon adalah pada zamannya.

Sunan Gunung Jati, Jalan Siliwangi merupakan persimpangan antara Keraton Cirebon dan Keraton Cirebon menjadi pusat pemerintahan,  Astana Gunung Sembung merupakan kampung halaman Sunan Gunung Jati.

Cirebon mempunyai sejarah yang menarik untuk diulas. Salah satu kota  di provinsi Jawa Barat yang mempunyai peninggalan Kerajaan Cirebon berupa istana emas dan kereta.

BACA JUGA:Sosok Firaun Menkaure dalam Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Kebudayaan dan Sejarah Kesultanan Deli di Sumatera Utara

Hal itu tak lepas dari mata pencaharian masyarakatnya. Pada waktu itu masyarakat di sana kebanyakan berprofesi sebagai nelayan yang kerap menangkap udang kecil untuk dijadikan terasi. 

Dari situlah akhirnya tercipta nama “Cirebon” yang berasal dari Cai (air) dan Rebon (udang rebon). Hingga saat ini nama tersebut masih digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: