Diduga Miliki Hubungan Satu Kesatuan! 2 Situs Ini Ditemukan Dalam satu Komplek Peninggalan Kerajaan Majapahit

Diduga Miliki Hubungan Satu Kesatuan! 2 Situs Ini Ditemukan Dalam satu Komplek Peninggalan Kerajaan Majapahit

Diduga Miliki Hubungan Satu Kesatuan! 2 Situs Ini Ditemukan Dalam satu Komplek Peninggalan Kerajaan Majapahit -Foto: net-

PAGARLAMPOS.COM - Situs Klinterejo dan Bhre Kahuripan merupakan situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang ditemukan BPK Jawa Timur di Mojokerto. Kedua situs peninggalan Kerajaan Majapahit ini tepatnya terletak di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Proses pengembangan penelitian di situs peninggalan Majapahit  terus dilakukan oleh tim BPK Jatim, khusus penggalian tahap ke-6 dilakukan pada tanggal 17 Juli 2023 hingga 16 Agustus 2023.

Penggalian tahap ke-6 ini menghasilkan ditemukannya kompleks situs yang diduga satu kesatuan dengan situs Klinterejo dan Bhre Kahuripan.

Bangunan di situs ini ditemukan tepat di sebelah barat situs Bhre Kahuripan, tepatnya di tambang Klinterejo, yang  penggalian dan penggaliannya dilakukan oleh kelompok BPK Jawa Timur.

BACA JUGA:Mengenal Peradaban Zaman Megalitikum, Jejak Prasejarah yang Menyimpan Warisan Budaya

BACA JUGA:Zubair Bin Awwam: Teladan Keberanian dan Kesetiaan dalam Sejarah Islam

Penggalian situs Bhre Kahuripan di Desa Klinterejo, Sooko, Mojokerto tahap ke-6 dilakukan untuk mendalami tata kawasan perumahan elite dan bangunan suci era Majapahit. Pada penggalian hari keempat, para arkeolog menemukan struktur pagar kuno yang unik karena terbuat dari campuran batu bata merah dan putih.

Ketua tim penggalian situs Bhre Kahuripan  Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah Jawa Timur 5 kotak buah persik atau seluas  870 meter persegi. Penggalian arkeologi berlangsung selama 1 bulan, mulai 17 Juli hingga 16 Agustus, dengan melibatkan 30 pekerja.

Penggalian kali ini terfokus pada 3 titik, melanjutkan seluruh pekerjaan tahun lalu. Titik pertama berada di sebelah barat lapangan sepak bola Klinterejo hingga perkebunan tebu di sebelah selatan.

Saat ini, penggalian bertujuan untuk menemukan pagar kedua yang memanjang dari Utara ke Selatan. 

BACA JUGA:Sosok Firaun Menkaure dalam Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Kebudayaan dan Sejarah Kesultanan Deli di Sumatera Utara

Hasil dari proses ekskavasi lanjutan ini menemukan pada bagian barat lapangan Klinterejo ditemukan sebuah struktur menyerupai pagar memanjang dari arah utara ke selatan.

Namun, setelah dilakukan inventarisasi, galian ini ditimbun kembali oleh tim BPK Jawa Timur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: