Pusbintal TNI Berikan Pembekalan Mental Kepada Satgas Pamtas RI-PNG

Pusbintal TNI Berikan Pembekalan Mental Kepada Satgas Pamtas RI-PNG

Foto : Pembekalan mental kepada prajurit.-Pusbintal TNI Berikan Pembekalan Mental Kepada Satgas Pamtas RI-PNG-Puspentni

PAGARALAMPOS.COM -  Pusat Pembinaan Mental (Pusbintal) TNI memberikan pembekalan mental kepada 350 Prajurit Satgas Pengamanan Perbatasan Statis RI – Papua New Gini di Yonif 131/Braja Sakti Payakumbuh Sumatera Barat dengan tema “Mental Tangguh Kunci Sukses Dalam Tugas Operasi”, bertempat di Aula Braja Bhaladika Yonif 131, Rabu (15/5/2024).

Kapusbintal TNI Laksma TNI Drs. Ian Hariyawan, CHRMP., selaku narasumber yang diwakili Kepala Bidang Ideologi Kolonel Caj. Muftiono, S.Ag, MA., dalam ceramahnya menyampaikan bahwa pembekalan ini memiliki makna strategis dalam rangka meningkatkan kualitas mental prajurit TNI, khususnya bagi prajurit Yonif 131/BRS, sebelum melaksanakan Satgas Pamtas Statis RI.

Adapun materi pembekalan yang disampaikan meliputi empat komponen Bintal yakni Bintal Rohani, Bintal Idiologi, Bintal Kejuangan, dan Bintal Kejiwaan.

Lebih lanjut Kolonel Caj Muftiono, S.Ag, MA., berharap agar setiap tugas yang diemban dilaksanakan dengan ikhlas, konsisten, istiqomah, dan banyak berdoa serta diniatkan  untuk ibadah kepada Tuhan YME.

BACA JUGA:Jaga Keutuhan Megeri, Satgas Pamtas Statis RI-PNG Perketat Pengamanan Lintas Perbatasan

"Tgas operasi merupakan amanah, kehormatan, penghargaan dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan menjaga harkat dan martabat sebagai prajurit sejati," ujarnya.

Selain itu komunikasi dengan keluarga terutama istri yang ditinggal tugas operasi harus dibangun dengan baik, ini adalah bentuk cinta kasih dan rasa sayang keluarga.


Foto : Pembekalan mental kepada prajurit.-Pusbintal TNI Berikan Pembekalan Mental Kepada Satgas Pamtas RI-PNG-Puspentni

Acara dihadiri langsung oleh Wadan Yonif 131/BRS Kapten Inf Reza Nugraha S.ST.Han, Para Komandan Kompi, Para Perwira Seksi, dan Ibu-bu Persit Kartika Candra Kirana.

BACA JUGA:Kecerian Ramadhan, Satgas Pamtas Statis RI-PNG Bagikan Makanan Untuk Anak Papua Selatan

Dan diakhir acara Tim Pusbintal TNI menyebarkan angket/daftar pertanyaan kepada peserta sebagai upaya untuk mengukur, mengetahui indikator keberhasilan dalam pelaksanaan Pembekalan.

 Angket ini berupa pilihan, tanggapan, penilaian terhadap materi dan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat aplikatif, dengan harapan dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif terhadap keberhasilan pelaksanaan tugas operasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: