Dampak Serangan Israel, Mesir Geram Berujung Tutup Perbatasan Rafah

Dampak Serangan Israel, Mesir Geram Berujung Tutup Perbatasan Rafah

Foto : Perbatasan Rafah di jakur Gaza.-Dampak Serangan Israel, Mesir Geram Berujung Tutup Perbatasan Rafah-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Pemerintah Mesir marah usai disalahkan Israel karena menutup perbatasan Rafah di Jalur Gaza, Palestina.

Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry mengatakan keputusan Kairo untuk menutup perbatasan dengan Palestina itu lantaran serangan Israel yang diluncurkan ke kota selatan Gaza tersebut.

Shoukry menyebut Israel melakukan tindakan militer dan mengontrol perbatasan Rafah dari sisi Palestina sehingga bantuan kemanusiaan tak bisa masuk.

"Israel bertanggung jawab penuh atas bencana kemanusiaan yang dihadapi rakyat Palestina di Jalur Gaza saat ini," kata Shoukry, seperti dikutip CNN, Selasa (14/5/2024).

BACA JUGA:Korban Tewas di Gaza Bertambah, Sekitar 300.000 Warga Palestina Mengungsi dari Rafah Timur

Shoukry tak terima karena Israel justru seakan menyalahkan Mesir karena telah menyebabkan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza gegara menutup perbatasan Rafah.

Ia lantas mendesak pemerintah Zionis untuk menjalankan kewajibannya sebagai kekuatan pendudukan. Ia juga meminta pemerintah Israel agar memastikan pengiriman bantuan memasuki Gaza dengan aman.

Pernyataan Shoukry ini muncul setelah Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, menyerukan Mesir untuk membuka kembali perbatasan Rafah agar bantuan kemanusiaan bisa kembali memasuki Gaza

Dalam unggahan di X (Twitter), Katz mengaku telah bicara dengan Menlu Inggris David Cameron dan Menlu Jerman Alma Baerbock mengenai kebutuhan "untuk membujuk Mesir membuka kembali Rafah guna memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan internasional yang berkelanjutan ke Gaza."

BACA JUGA:Israel Gempur Rafah, Tak Gubris Biden Ancam Stop Pasokan Bom

"Kunci untuk mencegah krisis kemanusiaan di Gaza sekarang ada di tangan Mesir," kata Katz, seperti dikutip Reuters.

Rafah memang menjadi salah satu rute penting bagi aliran bantuan kemanusiaan yang ingin memasuki Gaza. Mesir telah menutup perbatasan ini sejak Israel mengerahkan tank-tank ke Rafah dan menguasai penyeberangan dari sisi Palestina pada 7 Mei lalu.

Agresi Israel di Jalur Gaza hingga kini telah menewaskan lebih dari 35 ribu warga Palestina. Mayoritas korban ialah anak-anak dan perempuan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: