Dubes Israel Marah, Hancurkan Piagam PBB Pakai Mesin Saat Pidato, Buntut Dukungan Palestina Jadi Anggota PBB

Dubes Israel Marah, Hancurkan Piagam PBB Pakai Mesin Saat Pidato, Buntut Dukungan Palestina Jadi Anggota PBB

Foto : Dubes Israel saat pidato di forum PBB.-Dubes Israel Marah, Hancurkan Piagam PBB Pakai Mesin Saat Pidato, Buntut Dukungan Palestina Jadi Anggota PBB-Detik.com

PAGARALAMPOS.COM - Duta Besar Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Gilad Erdan, menyampaikan pidato dengan nada marah dalam sesi khusus Majelis Umum PBB.

Dia juga memasukkan salinan Piagam PBB ke dalam mesin penghancur kertas berukuran kecil yang dibawanya.

Dilansir AFP dan BBC, Minggu (12/5/2024), peristiwa itu terjadi saat Erdan bicara dalam sesi khusus Majelis Umum PBB mengenai upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB di Markas Besar PBB, New York, pada Jumat (10/5) waktu setempat. "Anda mencabik-cabik Piagam PBB," ujarnya.

Majelis Umum PBB diketahui telah memperkuat hak-hak Palestina dalam organisasi tersebut dan menyerukan agar Palestina diterima sebagai anggota. Hal itu yang membuat Erdan marah-marah.

BACA JUGA:Diduga Polri dan BSSN Impor Spyware dari Israel, Belanja 19 Alat Sadap dengan Nilai Rp.158 M

Erdan terlihat membawa mesin penghancur kecil di hadapan depan majelis. Dia lalu memasukkan salinan Piagam PBB ke dalam mesin itu. Salinan Piagam PBB itu kemudian terlihat terpotong-potong.

Palestina diketahui mempunyai status negara pengamat non-anggota sejak tahun 2012. Status itu memungkinkan beberapa hak untuk tidak menjadi anggota penuh.

BACA JUGA:Israel Gempur Rafah, Tak Gubris Biden Ancam Stop Pasokan Bom

Keanggotaan penuh PBB hanya dapat diputuskan dengan rekomendasi oleh Dewan Keamanan PBB. Amerika Serikat baru-baru ini memveto upaya Palestina untuk mendapatkan keanggotaan penuh.

Namun pemungutan suara Majelis Umum PBB pada hari Jumat dapat dilihat sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: