Taukah Kamu? Inilah Deretan Suku Tertua di Dunia! Ternyata Salah Satunya dari Sumatera Loh

Taukah Kamu? Inilah Deretan Suku Tertua di Dunia! Ternyata Salah Satunya dari Sumatera Loh

Taukah Kamu? Inilah Deretan Suku Tertua di Dunia! Ternyata Salah Satunya dari Sumatera Loh-Foto: net-

Perbedaan ini menunjukkan bahwa bahasa Melayu Deli memiliki kemiripan dengan bahasa Melayu lainnya, tetapi juga memiliki ciri khas yang unik.

 2. Tradisi dan Adat

Tradisi dan adat istiadat Suku Melayu Deli sangat kaya dan beragam. Mereka memiliki sistem kekerabatan patrilineal dan menggunakan marga yang sama dengan suku-suku Melayu lainnya.

Marga ini menunjukkan bahwa Suku Melayu Deli memiliki hubungan yang erat dengan suku-suku Melayu lainnya.

 3. Pakaian Adat

Pakaian adat Suku Melayu Deli seperti suku Melayu lainnya, berdiri di atas tiang-tiang setinggi kurang lebih 2 meter dari atas tanah.

Pakaian adat mereka terdiri dari baju kurung, sarung, dan keris. Pakaian adat ini sangat khas dan menunjukkan status sosial dan kebudayaan mereka.

4. Mata Pencaharian

Mata pencaharian Suku Melayu Deli adalah bercocok tanam dengan metode tradisional, menangkap ikan, berdagang, dan ada juga yang menjadi pegawai pemerintah.

Di daerah mereka juga terdapat perkebunan tembakau, teh, karet, kelapa sawit, dan coklat yang dimiliki oleh pemerintah dan swasta asing. Perkebunan ini dikelola dengan teknologi modern.

5. Agama dan Upacara

Suku Melayu Deli mayoritas memeluk agama Islam Sufi, karena hampir seluruh adat-istiadat dan budaya suku Melayu berlandasan Islam.

Namun, masih ada juga yang mempercayai roh di segala tempat yang mempengaruhi hidup manusia. Upacara-upacara untuk menyenangkan roh-roh tersebut masih sering mereka adakan.

6. Kebudayaan Tradisi

Kebudayaan tradisi Melayu Deli sangat kaya dan beragam. Mereka memiliki tradisi kelahiran, pernikahan, dan kematian yang sangat khas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: