Ikatan Batin yang Kuat Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan di MAN 1 Pagar Alam, Upaya Kepala Sekolah!

Ikatan Batin yang Kuat Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan di MAN 1 Pagar Alam, Upaya Kepala Sekolah!

Ikatan Batin yang Kuat Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan di MAN 1 Pagar Alam, Upaya Kepala Sekolah!--

PAGARALAMPOS.COM - Ikatan batin antara peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di MAN 1 Pagar Alam.

Dalam upacara bendera yang digelar pada Senin, 6 Mei, Kepala MAN 1 Pagar Alam, Hj Neliana, S.Ag MM, melalui perwakilan Wali Kelas XI MIA 2, Murtini, H, menyoroti pentingnya membangun ikatan batin yang kuat di antara seluruh komponen madrasah.

Menurut Neliana, ikatan batin yang terjalin erat antara guru, tenaga pendidik, dan siswa memainkan peran krusial dalam proses pembelajaran.

"Ketika hubungan yang baik terbentuk di antara mereka, proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif dan efisien," ujarnya.

BACA JUGA:Kecelakaan Mobil di Gunung Dempo Membuat Wisatawan Diingatkan untuk Tingkatkan Kewaspadaan

Lebih lanjut, Neliana menegaskan bahwa ikatan batin ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa, tetapi juga bagi guru.

"Ketika siswa merasa memiliki hubungan yang baik dengan guru, mereka akan lebih mudah terbuka dalam belajar dan menerima bimbingan," tambahnya.

Dalam konteks yang sama, Murtini menekankan bahwa hubungan antara guru dan siswa adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah lembaga pendidikan.

"Keberhasilan MAN 1 Pagar Alam tidak hanya diukur dari prestasi akademik siswa, tetapi juga dari seberapa baik hubungan antara guru dan siswa di dalamnya," katanya.

BACA JUGA:Pangdam II/Swj : Bekerja Profesional, Jangan Persulit Anggota

Hal ini menekankan pentingnya pendekatan yang humanis dalam proses pendidikan, di mana kepedulian dan penghargaan antara individu menjadi prioritas utama.

Selain itu, Murtini juga menyoroti pentingnya pembentukan karakter siswa melalui pendidikan akhlak yang baik.

"Selain menjadi tempat untuk memperoleh pengetahuan, madrasah juga harus menjadi tempat di mana siswa diajarkan untuk menjadi individu yang bertanggung jawab, berintegritas, dan berakhlak mulia," jelasnya.

Dengan demikian, pendidikan tidak hanya berfokus pada aspek intelektual, tetapi juga pada aspek moral dan sosial siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: