Mamba dan Bushmaster, Dua Rantis MRAP Mejeng Di Victory Park Moskow, Sejenis Digunakan Kopassus

Mamba dan Bushmaster, Dua Rantis MRAP Mejeng Di Victory Park Moskow, Sejenis Digunakan Kopassus

PAGARALAMPOS.COM - Warga Moskow tengah mendapat tontonan baru, yakni digelarnya pameran alutsista rampasan dari perang Ukraina “War Trophies”, yang berlangsung selama satu bulan di Victory Park.

Sekitar 30 kendaraan tempur (ranpur) dan kendaraan taktis (rantis) dari 12 negara donatur Ukraina, dipamerkan dalam kondisi mulai dari rusak ringan sampai rusak berat.

Beberapa ranpur sejenis yang digunakan TNI AD, terlihat mejeng di Victory Park, seperti Infantry Fighting Vehicle (IFV) M1A3 Marder, Armored Personnel Carrier (APC) M113, self propelled howitzer CAESAR dan Main Battle Tank (MBT) Leopard 2A4.

Nah, selain nama yang disebut tadi, ada dua rantis lapis baja dengan kemampuan kualifikasi Mine-Resistant Ambush Protected (MRAP), yang jenisnya serupa dengan yang digunakan satuan elite Sat-81/Gultor (Penanggulangan Teror) Kopassus TNI AD,.

BACA JUGA:AS Borong Murah 81 Pesawat Tempur Sekutu Rusia, Harganya Setara Mobil Xpander

Yakni Bushmaster dan Mamba. Keduanya adalah rantis berpenggerak empat roda yang dikenal battel proven

Bushmaster 4×4 adalah produksi Thales Australia. Setidaknya ada 20 unit Bushmaster yang dikirim pemerintah Australia pada tahun 2022.

Saat itu, pemerintah Australia memutuskan untuk mengirim 20 unit Bushmaster, dengan 2 di antaranya adalah varian ambulans.

Pengiriman paket Bushmaster diberangkat dari Pangkalan udara Amberly di negara bagian Queensland. Satu unit C-17A Globemaster dapat membawa empat unit Bushmaster.

BACA JUGA:AS Tuduh Rusia Langgar Larangan Senjata Kimia Global dalam Perang Ukraina

Bushmaster 4×4

Bushmaster yang berbobot 10 ton dibekali dengan mesin diesel enam silinder Caterpillar 3126E ATAAC dengan daya 330hp/246 kW pada torsi 2.400 rpm. Mesin turbocharger-nya mengusung transmisi otomatis ZF.

Dengan rasio tenaga berbanding bobot mencapai 30-33hp per ton, maka mudah bagi Bushmaster melaju hingga kecepatan 110 km per jam di jalanan aspal, atau kecepatan maksimal hingga 120 km per jam.

Bushmaster yang masuk kategori rantis MRAP. dikenal punya reputasi yang cukup bagus. Bila melindas ranjau, maka Bushmaster sudah sangat siap untuk menahan impact ledakan. Kemampuan ini berkat bodi monokok Bushmaster yang dibentuk menyatu dari atas sampai ke bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: